Berang Lihat Pesawat Susi Air Dikeluarkan Paksa Oleh Satpol PP, Pengamat: Bukan Ranahnya!

Kamis, 03 Februari 2022 - 23:10 WIB
loading...
Berang Lihat Pesawat Susi Air Dikeluarkan Paksa Oleh Satpol PP, Pengamat: Bukan Ranahnya!
Ilustrasi pesawat Susi Air. Foto/Dok SINDOnews/Ali Masduki
A A A
JAKARTA - Pengamat Penerbangan Alvin Lie menyesalkan kejadian yang menimpa pesawat Susi Air yang dikeluarkan paksa dari hanggar Malinau di Kalimantan Utara (Kaltara) oleh petugas Satpol PP. Pasalnya, hal itu tidak sesuai kompetensi dan berisiko merusak kondisi pesawat.

Menurut Alvin, apa pun masalahnya seharusnya Satpol PP tidak berwenang untuk menarik dan mengeluarkan pesawat secara paksa karena dinilai tak memiliki sertifikasi dan kompetensi yang sesuai.

“Apa pun masalahnya, yang saya sesalkan adalah orang yang mengeluarkan pesawat dari hanggar oleh orang-orang yang tidak tersertifikasi dalam mengeluarkan pesawat atau tidak kompeten lah, bukan orang-orang yang seharusnya,” ujarnya saat dihubungi MNC Portal Indonesia (MPI), Kamis (3/2/2022).



Alvin menilai apa yang telah dilakukan oleh sejumlah gabungan dari tim Satpol PP bukan cara yang baik dan justru dapat menimbulkan risiko kerusakan terhadap badan atau bagian dari pesawat.

“Itu nggak baik. Makanya saya lihat dari video beredar itu bukan cara yang baik sesuai prosedur apalagi pesawat tersebut sedang dilakukan perbaikan dan perawatan, ada yang baling-balingnya sedang dicopot dan mesinnya dicopot, itu caranya bukan begitu,” tandasnya.

Selain itu, sambung Alvin, pesawat tersebut dikeluarkan tanpa alokasi yang pasti sehingga akan berdampak pada kerusakan yang lebih parah dan tanpa izin dari otoritas bandara.

“Itu berat bukan asal tarik. Otoritas bandara Kemenhub pun belum tentu memiliki orang yang mengeluarkan pesawat dan mendorong pesawat, mereka juga harus terlisensi dengan baik,” tambahnya.



Dia menambahkan, area tersebut merupakan kewenangan dan otoritas dari Aviation Security (Avsec) dan jelas bukan ranah dan kewajiban Satpol PP.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2053 seconds (0.1#10.140)