Kepala BKPM Kesulitan Tarik Investor Asing di Tengah Pandemi Corona

Kamis, 23 April 2020 - 19:25 WIB
loading...
Kepala BKPM Kesulitan Tarik Investor Asing di Tengah Pandemi Corona
Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia menyebut bahwa pihaknya tidak dapat berbuat banyak terkait kebijakan pemberian insentif kepada investor termasuk investor asing. Foto/Dok
A A A
Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia menyebut bahwa pihaknya tidak dapat berbuat banyak terkait kebijakan pemberian insentif kepada investor termasuk investor asing. Tercatat Penanaman modal asing (PMA) pada triwulan pertama 2020 turun 9,2%, menjadi Rp 98 triliun dibandingkan triwulan pertama 2019 sebesar Rp 107,9 triliun.

"Sudah ada PMK-nya, jadi kami tidak bisa membuat satu formulasi baru terhadap presentasi atau lamanya dari pemberian insentif," ujar Bahlil dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) virtual dengan Komisi VI DPR, Kamis (23/4/2020).

Sambung dia menambahkan, sejak dirinya menjabat Kepala BKPM dan mendapat pelimpahan kewenangan untuk insentif fiskal tersebut, setidaknya sudah ada 114 pengusaha yang memanfaatkan fasilitas tax holiday.

"Saya sangat setuju juga bahwa kalau seandainya insentif fiskal hanya satu-satunya cara untuk kita merayu pengusaha atau investor asing saya pikir tidak elegan, tapi harus ada formulasi-formulasi lain termasuk tenaga kerja," kata dia.

Mantan ketua umum Hipmi ini mengkisahkan, dalam setiap deal investasi antara BKPM dengan investor asing, dirinya selalu memasukkan klausul tenaga kerja yang lebih banyak dari Indonesia dibanding asing.

"Kalau tenaga kerjanya lebih banyak diambil asing saya tidak gubris, saya tidak proses. Saya sampai pernah debat sama Amazon, ketika Amazon tidak mau melakukan kerja sama, mohon maaf pak, saya minta dia untuk keluar dari ruangan saya sebagai wujud kecintaan saya terhadap negara dan rakyat Indonesia," terang Bahlil.

Ia juga menjelaskan pihaknya akan memaksimalkan potensi investasi dari penanaman modal dalam negeri (PMDN). "Kami mengubah strategi agar realisasi investasi berjalan, dengan, bagaimana memaksimalkan potensi realisasi investasi yang ada di dalam negeri sendiri," paparnya.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2240 seconds (0.1#10.140)