Kelola Blok Mahakam, porsi Indonesia lebih besar

Sabtu, 13 Oktober 2012 - 13:45 WIB
Kelola Blok Mahakam, porsi Indonesia lebih besar
Kelola Blok Mahakam, porsi Indonesia lebih besar
A A A
Sindonews.com - Terlepas dari perdebatan yang sempat beredar perihal siapa yang akan melanjutkan estafet hak pengelolaan blok Mahakam selepas selesai masa kontrak pada 2017 mendatang, pemerintah memastikan porsi bagi hasil yang akan diterima Indonesia lebih besar dibanding kontrak sebelumnya.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Jero Wacik menegaskan, tim di internal kementerian teknis yang dipimpinnya saat ini masih mengkaji siapa yang akan meneruskan estafet pengelolaan blok Mahakam. Dia mengaku, tidak akan memaksa PT Pertamina Persero jika merasa tidak mampu.

Namun demikian, Jero memastikan, kontrak yang nantinya dibahas oleh pengelola blok Mahakam harus mengedepankan kepentingan nasional. Hal tersebut harus diwujudkan melalui penetapan porsi bagi hasil yang akan diterima Indonesia, harus lebih besar dibanding yang tercantum dalam kontrak sebelumnya.

"Sedang dipertimbangkan. Tapi begini, yang penting kontrak yang lama yang nanti habis 2017, (diganti) dengan kontrak yang baru. Kontrak yang baru harus lebih baik dari pada yang lama. Bagiannya Indonesia untuk rakyat Indonesia harus lebih besar dari pada yang dulu," tegas Jero usai menghadiri acara Malam Penganugrahan Energi ke-2 tahun 2012 di Hotel Dharmawangsa, Jakarta, Jumat (12/10/2012) malam.

Disingung mengenai nilai bagi hasil dalam kontrak baru, Jero masih enggan membeberkannya. "Sedang kita bahas, harus lebih besar. Berapa besarnya, itu yang sedang kita bahas," ujarnya.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5836 seconds (0.1#10.140)