Fokus Strategi Bisnis, Pemangkasan Direksi Bikin Pertamina Lebih Efisien

Sabtu, 13 Juni 2020 - 07:44 WIB
loading...
A A A
“Misalnya seluruh subholding di hulu di bawah Pertamina EP sehingga tidak jalan sendiri-sendiri. Lalu, kemudian, Pertamina EP sebagai subholding hulu migas Pertamina bertanggung jawab langsung kepada direksi Pertamina,” katanya. (Baca: Pakar Hukum Sebut Demokrasi adalah Ciptaan Asli dari Kapitalis)

Begitu juga di sektor hilir, bisa membentuk subholding anak usaha melalui Pertamina Niaga. Menurut Fahmy, subholding tersebut dapat diberikan mandat untuk melanjutkan program pembangunan kilang.

“Tapi, bisa juga Pertamina sebagai holding membentuk sub­holding khusus menangani program pembangunan kilang sehingga tidak perlu banyak direktorat. Ini akan lebih efisien,” paparnya. (Lihat Videonya: Warga Malang Dikejutkan Tagihan Kenaikan Listriknya hingga Rp20 Juta)

Di samping itu, Fahmy juga berharap seluruh bisnis Pertamina di luar bisnis intinya dapat dijual atau dimerger dengan perusahaan swasta. Dia mencontohkan bisnis hotel, rumah sakit, hingga penerbangan sebaiknya dilepas agar Pertamina fokus pada tujuan utama, yaitu sebagai perusahaan migas nasional.

“Anak usaha yang tidak sesuai core business seperti rumah sakit, hotel, ataupun penerbangan sebaiknya dilepas saja,” katanya. (Rina Anggraeni/Nanang Wijayanto)
(ysw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1657 seconds (0.1#10.140)