Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral Dunia Akan Kumpul di Jakarta Pekan Ini, Apa yang Dibahas?

Senin, 14 Februari 2022 - 14:20 WIB
loading...
Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral Dunia Akan Kumpul di Jakarta Pekan Ini, Apa yang Dibahas?
Forum G20 akan digelar di Jakarta pekan ini. FOTO/ANTARA/Sigid Kurniawan
A A A
JAKARTA - Menteri keuangan dan gubernur bank sentral dunia anggota negara-negara G20 akan menggelar pertemuan di Jakarta pekan ini. Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo mengatakan ada sejumlah isu penting menjadi pembahasan utama guna mendorong perekonomian negara-negara G20 untuk pulih lebih cepat dari pandemi Covid-19.

"Ada tiga isu utama untuk percepatan pemulihan ekonomi global. Pertama adalah soal penguatan kerja sama antar negara dalam menghadapi pandemi, antara lain melalui akses vaksinasi global yang lebih adil," ujar Perry dalam webinar Casual Talks on Digital Payment Innovation, Senin (14/2/2022).

Baca Juga: Presidensi G20, Dirlantas Polda Metro: Tak Ada Penutupan Jalan

Dia menyampaikan bahwa pemerataan akses vaksin COVID-19 penting untuk meningkatkan mobilitas sosial dan ekonomi masyarakat global. Dengan demikian, ekonomi dunia diyakini kembali bergerak mendekati level sebelum pandemi.

"Kedua, memperkuat kolaborasi internasional untuk transformasi ke ekonomi hijau, misalnya dengan mendukung pembiayaan atau investasi terhadap proyek-proyek pengembangan energi yang lebih ramah lingkungan. Ekonomi hijau ini akan terus diperkuat," tegas Perry.

Isu ketiga adalah transformasi sistem pembayaran digital. Hal ini untuk merespons kian meningkatnya adopsi sistem pembayaran digital oleh masyarakat global yang. "Terlebih dengan adanya e-commerce maupun sistem pembayaran lintas negara," ucapnya.

Baca Juga: Ini Titik Pengamanan Presidensi G20 Finance Meeting 2022

Sebab itu, tiga isu besar saat ini tersebut akan dimasukkan ke dalam agenda penting pembahasan KTT G20 tahun ini. Sehingga, pelaksanaan ajang bergengsi tersebut bisa menghasilkan rumusan penting bagi percepatan pemulihan ekonomi global hingga terwujudnya sistem pembayaran antar negara yang lebih aman, cepat, dan efisien.

"Melalui koordinasi bersama kita terus mengupayakan untuk pertumbuhan ekonomi global yang lebih baik," pungkas Perry.

(nng)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1429 seconds (10.55#12.26)