alexametrics

Kimia Farma gencar ekspansi jaringan distribusi obat

loading...
Kimia Farma gencar ekspansi jaringan distribusi obat
Ilustrasi
A+ A-
Sindonews.com - PT Kimia Farma Tbk (KAEF) melalui anak usahanya, Kimia Farma Apotek (KFA) sedang gencar melakukan ekspansi jaringan distribusi obat, apotek maupun klinik kesehatan di seluruh Indonesia.

Direktur Utama Kimia Farma Rusdi Rosman mengatakan, ekspansi distribusi obat ini dilakukan dalam rangka memenangkan persaingan dalam merebut pasar farmasi nasional seiring akan diberlakukannya Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN) melalui Badan Penyelenggaraa Jaminan Nasional (BPJS) pada dua tahun mendatang.

"Sepanjang 2012, sebanyak 30 apotek dan 100 klinik baru telah dibuka di berbagai kota di Indonesia," kata dia dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, kemarin.



Ini merupakan bagian dari upaya perseroan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang mengharapkan pelayan kesehatan praktis, efisien dan efektif, termasuk dalam mendapatkan pelayanan kesehatan. Salah satu konsep layanan modern yang diberikan perusahaan farmasi pelat merah ini, yakni One Stop Healthcare Solution (OSHcS).

"Dengan konsep OSHcS ini, masyarakat yang ingin mendapatkan layanan kesehatan tidak perlu repot harus bolak balik ke dokter, laboratorium, dan menebus apotek di lain tempat," ujar dia.

Pasalnya, di dalam konsep Apotek Kimia Farma OSHcS, seluruh layanan kesehatan secara terpadu dalam satu atap, mulai dari pemeriksaan dokter di klinik kesehatan, pemeriksaan laboratorium klinik, konsultasi obat oleh Apoteker, layanan optik, pelayanan resep dokter dan juga swalayan farmasi yang berada dalam satu tempat di Apotek Kimia Farma.

Guna meningkatkan jaringanlayanan apoteknya, perseroan melakukan ekspansi dengan melakukan pengembangan kerja sama operasi (KSO) dan pola waralaba, baik di dalam negeri maupun menggandeng mitra di luar negeri. Langkah ini, diawali dengan menjalin kerja sama dengan Averros Pharmaceuticals Sdn Bhd, yang akan membuka Apotek Kimia Farma di Kuala Lumpur, Malaysia.

Perseroan juga melakukan kerja sama dengan provider telekomunikasi guna mengembangkan program membership, yang berlaku secara nasional dan layanan informasi mobile.

Kimia Farma juga mencoba bisnis e store, pembuatan member card untuk kemudahan pelayanan bagi pelanggan di seluruh Indonesia, serta pengembangan layanan kesehatan untuk segmen klinik kecantikan dengan membuka klinik kesehatan Health & Beauty Care.

Disamping itu, Kimia Farma juga melakukan kerja sama dengan sejumlah perusahaan jasa asuransi untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.
(rna)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak