Kembangkan Program Retail, Pupuk Indonesia Mudahkan Akses Petani

Rabu, 16 Februari 2022 - 21:15 WIB
loading...
Kembangkan Program Retail, Pupuk Indonesia Mudahkan Akses Petani
Pupuk Indonesia terus berinovasi mendukung sektor pertanian. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - PT Pupuk Indonesia (Persero) tengah mengembangkan program retail management (RM) untuk memudahkan petani dalam negeri memenuhi kebutuhan pertaniannya. Program RM diimplementasikan untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan memudahkan akses petani terhadap produk-produk Pupuk Indonesia Group.

Baca juga: Program Petani Milenial Terobosan Jokowi Dinilai Mampu Kembangkan Inovasi Anak Negeri

Program retail management juga akan didukung oleh sistem aplikasi digital yang bernama Retail Management System (RMS). Sistem ini dapat mempermudah dan mempercepat kios dalam memproses penjualan produk retail, baik produk komersial maupun pupuk bersubsidi. Dengan begitu, kebutuhan petani terhadap produk retail dan pertanian lainnya mudah terpenuhi.

Asisten Deputi Bidang Industri Pangan dan Pupuk Kementerian BUMN, Zuryati Simbolon, mengapresiasi penerapan sistem retail management ini. Zuryati berkesempatan melihat langsung penerapan RM Pupuk Indonesia di Kios Barokah Tani, Desa Jatianom, Kecamatan Susukan dan Kios Duku Jaya di desa Bangodua, Kecamatan Kelangenan, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat.

“Ini salah satu kios dari Pupuk Indonesia yang menggunakan RMS untuk bisnis retailnya. Saya rasa bagus RMS ini menjadi salah satu transformasi bagi PIHC dalam rangka meningkatkan penjualan retail, juga untuk kerja sama distribusi dengan para kios,” ungkap Zuryati, Rabu (16/2/2022).



Dia pun berharap sistem digital dari Pupuk Indonesia ini berhasil diimplementasikan di seluruh mitra kios resmi perusahaan. “Saya sudah coba sendiri, dan sangat-sangat efektif dan efisien untuk di penjualan retail, sukses untuk RMS dan harapannya tahun ini bisa 5.000 kios dan tahun depan bisa seluruh kios untuk komersial maupun subsidi,” tambah Zuryati.

Sementara itu, Direktur Transformasi Bisnis Pupuk Indonesia Panji Winanteya Ruky meyakini retail management akan semakin memudahkan petani untuk mendapatkan pupuk dan produk retail lainya.

Melalui program tersebut, Pupuk Indonesia akan menjadi perusahaan yang semakin berorientasi pada pelanggan, dari pengolahan data analytics yang mampu meningkatkan pemahaman terhadap perilaku dan kebutuhan petani.

Baca juga: Puncak Bogor Hujan Deras, Bendung Katulampa Naik Siaga 3

"Selain itu, Pupuk Indonesia juga dapat memperluas pangsa pasar produk retail yang selama ini belum tergarap secara optimal," kata Panji.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1164 seconds (0.1#10.140)