Winter is Coming, Jokowi: Jangan Membuat Ketegangan Baru yang Mengganggu Pemulihan Dunia

Kamis, 17 Februari 2022 - 11:35 WIB
loading...
Winter is Coming, Jokowi: Jangan Membuat Ketegangan Baru yang Mengganggu Pemulihan Dunia
Presiden Jokowi (tengah) berbincang dengan Managing Director of Operations Bank Dunia Axel van Trotsenburg (kiri) di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (16/2/2022). ANTARA FOTO/Biro Pers Setpres - Muchlis Jr/foc
A A A
JAKARTA - Masih ingat dengan pidato presiden Joko Widodo (Jokowi) “Winter is Coming” pada pertemuan tahunan IMF-World Bank di Bali tahun 2018 lalu?. Pidato ini ramai diperbicangkan publik, di mana presiden mengibaratkan ekonomi global seperti serial Game of Thrones.

Hari ini presiden Jokowi kembali menyinggung hal tersebut dalam sambutan pada pembukaan 1st FMCBG Indonesia G20 Presidency 2022.

"Saat ini, winter yang berat benar-benar datang. Pandemi belum berakhir, dan ekonomi dunia masih terguncang,” kata presiden, Kamis (17/2/2022).



Dalam situasi seperti ini, kata Jokowi, tidak ada satu negara pun yang bisa bangkit sendirian. “Semua negara saling terkoneksi, tidak ada yang terisolasi," ucap mantan gubernur DKI Jakarta.

Menurut Jokowi, kebangkitan satu kawasan akan membangkitkan kawasan yang lainnya. Sebaliknya, keruntuhan satu kawasan akan ikut meruntuhkan kawasan yang lainnya.

"Dalam situasi yang seperti ini, bukan saatnya untuk rivalitas. Bukan saatnya membuat ketegangan baru yang menganggu pemulihan dunia apalagi yang membahayakan keselamatan dunia, sebagaimana yang terjadi di Ukraina saat ini," tegas presiden.



Jokowi menekankan bahwa saat ini semua pihak harus menghentikan rivalitas dan ketegangan. "Kita harus fokus untuk bersinergi, untuk berkolaborsi menyelamatkan dan membangkitkan dunia tempat kita hidup, Untuk segera bangkit kembali, pulih kembali," tandasnya.
(ind)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1033 seconds (0.1#10.140)