Kunjungan wisman ke Yogyakarta diprediksi meningkat

Jum'at, 16 November 2012 - 15:20 WIB
Kunjungan wisman ke Yogyakarta diprediksi meningkat
Kunjungan wisman ke Yogyakarta diprediksi meningkat
A A A
Sindonews.com – Dinas Pariwisata DIY, optimistis kunjungan wisatawan asing yang datang ke Yogyakarta mengalami peningkatan. Diperkirakan kunjungan wisatawan asing mencapai 250.000 ribu atau meningkat 60.000 dari tahun lalu yang hanya 190.000 orang.

“Kita lakukan banyak terobosan, makanya kita optimis, wisman yang datang meningkat,” jelas Kepala Dinas Pariwisata DIY, Tazbir Abdullah di Yogyakarta, Jumat (16/11/2012).

Diakuinya menjual Indonesia ke luar negeri tidaklah mudah. Kesan miring dengan bangsa ini masih melekat. Khususnya dalam hal kekerasan dan konflik etnis di Tanah Air. Namun, dengan promosi wisata yang gencar, berhasil menggaet wisatawan datang.

“Tahun ini, Dinpar, melakukan promosi ke China, Jepang, Malaysia, dan Belanda,” ujarnya.

Selain promosi, dinas juga memperbanyak event budaya untuk menarik wisatawan datang, seperti Jogja Java Carnival, Ngayogjazz, Asia Tri hingga berbagai event lain. Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) DIY, Istidjab M Danunagoro menambahkan, untuk kunjungan wisatawan domestik tahun ini ditargetkan mencapai 2,5 juta orang.

Hampir setiap liburan panjang banyak hotel dibanjiri tamu. Tidak sedikit tamu sulit mendapatkan penginapan. Padahal hotel bar uterus bermunculan. “Okupansi sejak Oktober lalu diatas 70 persen,” jelas Istidjab.

Menurutnya, sampai akhir 2013, setidaknya akan ada 30 hotel baru di Yogyakarta. Hotel bintang sendiri terus memaksimalkan layanan meeting incentive vonference and exhibition (MICE). “Sejumlah hotel dipercaya menggelar MICE baik nasional maupun internasional,” tuturnya.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7759 seconds (0.1#10.140)