Ingin Bangun Bisnis Ramah Lingkungan? MotionBanking Berikan Solusinya, Cek di Sini!

Jum'at, 18 Februari 2022 - 09:30 WIB
loading...
A A A
Apa saja Keunggulan dari Ecoprinting sebagai Bisnis Ramah Lingkungan? Sebagai sebuah inisiatif untuk menjalankan bisnis ramah lingkungan, ecoprinting memiliki berbagai keunggulan sebagai berikut:

1. Eco-friendly
Dalam proses produksinya, ecoprint hanya menghasilkan berbagai limbah organik yang bisa dicerna dalam tanah secara alami. Dengan begitu, bisa disimpulkan bahwa proses produksinya ramah untuk lingkungan dan tidak diperlukan pengolahan limbah secara khusus.
Proses produksi tersebut selain ramah lingkungan, bisa juga menghemat anggaran pengolahan limbah yang umumnya terjadi di produsen tekstil dalam skala besar.

2. Motif yang variatif
Meskipun dicetak dari tanaman, pihak produsen bisa berkreasi dengan pola untuk menghasilkan motif yang lebih bervariasi. Selain itu, ada juga cara yang bisa digunakan untuk memunculkan pencampuran warna yang lebih variatif dari berbagai tanaman yang digunakan.

3. Produknya terasa eksklusif
Dalam produksi ecoprint, proses pewarnaan 1 lembar kain hanya boleh dikerjakan oleh 1 pembatik. Selain itu, ecoprint menggunakan tanaman sekali pakai, sehingga ada kemungkinan pola dan warna yang muncul pada kain tidak sama persis antara satu dengan yang lainnya.

4. Memiliki nilai seni dan harga jual yang tinggi
Kain yang diwarnai secara ecoprint dilakukan secara manual oleh tenaga manusia dalam waktu pengerjaan yang lebih lama jika dibandingkan dengan kain yang dijual di pasaran.

Dengan adanya waktu pengerjaan yang alami, tentu pembatiknya harus memiliki keuletan dan selera seni yang baik agar kain yang dikerjakannya tetap terlihat indah.

Untuk itu, wajar saja jika kain ecoprint dijual dengan harga yang lebih tinggi. Belum lagi, proses produksinya juga dikategorikan sebagai upaya membangun bisnis ramah lingkungan juga bisa memberikan nilai tambahan pada produknya.

5. Cocok digunakan untuk berbagai acara
Selain cantik dan unik, motif kain ecoprint juga terlihat luwes untuk dikenakan di segala acara dan dibuat sebagai blouse, kemeja, tunik, maupun kebaya.

Kain yang cocok digunakan dalam segala acara menjadikan pemiliknya untuk lebih hemat dalam membeli pakaian dan itulah nilai yang bisa diberikan oleh produk kain ecoprint dan sesuai dengan permulaannya yang menjadikan teknik tersebut sebagai bisnis ramah lingkungan.

Bagaimana, apakah Anda tertarik membangun bisnis ecoprint di bidang fashion? Tidak hanya potensi keuntungan tinggi yang menanti, bisnis ini juga bisa jadi jawaban bagi konsumen yang ingin tampil trendi dalam berbagai acara.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1862 seconds (0.1#10.140)