Miliarder Bill Gates: Risiko Covid-19 Jauh Berkurang, Tetapi Pandemi Lain Akan Datang

Senin, 21 Februari 2022 - 14:05 WIB
loading...
Miliarder Bill Gates: Risiko Covid-19 Jauh Berkurang, Tetapi Pandemi Lain Akan Datang
Bill Gates mengatakan, bahwa risiko dari Covid-19 hingga menyebabkan penyakit parah telah berkurang secara dramatis tetapi pandemi lain akan datang. Foto/Dok
A A A
NEW YORK - Miliarder , Bill Gates mengatakan, bahwa risiko dari Covid-19 hingga menyebabkan penyakit parah telah berkurang secara dramatis tetapi pandemi lain akan datang. Berbicara di Konferensi Keamanan Munich tahunan Jerman, Gates, Co-Chair Yayasan Bill & Melinda Gates mengatakan, bahwa potensi pandemi baru kemungkinan akan berasal dari patogen yang berbeda dengan keluarga virus corona.

Namun dia menambahkan, bahwa kemajuan dalam teknologi medis akan membantu dunia melakukan pekerjaan yang lebih baik dalam memeranginya dengan catatan investasi dilakukan sekarang. “Kami akan menghadapi pandemi lain. Ini akan menjadi patogen yang berbeda di lain waktu,” kata Gates.



Dua tahun setelah pandemi virus corona, Gates mengatakan efek terburuk telah memudar ketika sebagian besar populasi global sudah mendapatkan beberapa tingkat kekebalan. Tingkat keparahannya juga berkurang seperti untuk varian omicron terbaru.

Namun Gates mengungkapkan, di banyak tempat menunjukkan tingkat kekebalan disebabkan oleh virus itu sendiri. "lebih baik dalam menjangkau populasi dunia daripada vaksin yang kita miliki. Kemungkinan terparah terkait dengan usia lanjut dan memiliki obesitas atau diabetes, risiko itu sekarang berkurang secara dramatis karena paparan infeksi itu sendiri,” katanya.

Gates mengatakan sudah terlambat mencapai tujuan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk memvaksinasi 70% dari populasi global pada pertengahan 2022. Saat ini 61,9% populasi dunia telah menerima setidaknya satu dosis vaksin Covid-19.

Dia menambahkan bahwa dunia harus bergerak lebih cepat di masa depan untuk mengembangkan dan mendistribusikan vaksin, dan meminta pemerintah untuk berinvestasi mulai dari sekarang.

“Lain kali kita harus mencoba dan membuatnya, alih-alih dua tahun, kita harus membuatnya tidak lebih seperti enam bulan,” kata Gates, menambahkan bahwa platform standar, termasuk teknologi messenger RNA (mRNA), akan memungkinkannya.



“Biaya dalam persiapan menghadapi pandemi berikutnya tidak begitu besar. Ini tidak seperti perubahan iklim. Jika kita rasional, ya, lain kali kita akan mengatasinya lebih awal.”

Gates, melalui Bill & Melinda Gates Foundation, telah bermitra dengan Wellcome Trust Inggris untuk menyumbangkan USD300 juta kepada Coalition for Epidemic Preparedness Innovations (CEPI), yang membantu membentuk program Covax untuk mengirimkan vaksin ke negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah.

CEPI bertujuan untuk mengumpulkan USD3,5 miliar dalam upaya memangkas waktu yang dibutuhkan untuk mengembangkan vaksin baru menjadi hanya 100 hari.

(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1868 seconds (0.1#10.140)