BRAU tak mampu jelaskan penghapusan potensi kerugian

Jum'at, 07 Desember 2012 - 17:55 WIB
BRAU tak mampu jelaskan penghapusan potensi kerugian
BRAU tak mampu jelaskan penghapusan potensi kerugian
A A A
Sindonews.com - PT Berau Coal Energy Tbk (BRAU) akhirnya menjelaskan mengenai penghapusan investasi aset Chateau dalam laporan keuangan perseroan pada bulan September dan Desember 2011, serta Juni 2012 lalu.

Dalam penjelasannya terhadap pertanyaan Bursa Efek Indonesia (BEI), perseroan masih belum bisa memastikan bagaimana proses pengembalian investasi tersebut kedepannya.

BRAU melakukan penurunan nilai buku (carry value) untuk investasi Chateau dalam laporan keuangannya pada September dan Desember 2011 berdasarkan laporan penilaian Chateau sendiri. Namun untuk penurunan nilai buku selanjutnya pada Juni 2012 merupakan permintaan Bumi Plc, yang dimaksdukan agar nilai buku investasi Chateau Berau sama dengan yang dicatat Bumi Plc.

Direktur Utama BRAU Rosan P Roeslani menjelaskan, lika-liku aset tersebut dalam keterbukaan BEI, pada Januari 2010, perseroan melakukan konversi untuk premium convertible loan notes (surat utang yang bisa ditukar bentuknya/notes) menjadi saham-saham yang dimiliki ASEAN Mining Development Segregated Portfolio (AMD), dan dana tersebut dimiliki oleh Chateau Asset Management SPC (CAM).

Konversi tersebut menjadikan AMD sebagai pemilik notes beserta aset didalamnya. "Kami melakukan konversi notes kepada grup Chateau," ujar Rosan dalam keterbukaan di BEI, Jumat (7/12/2012).

Aset tersebut terdiri dari tiga investasi langsung yang dimiliki oleh Chateau ASEAN Fund 1 (CAF1), dan sudah dilakukan sejak semester 1 2010. Investasi tersebut dalam bentuk penerbitan sebuah convertible bond, dan dua dalam bentuk pembelian saham yang semuanya di sektor pertambangan.

Seluruh aset dasar ini dinilai oleh manajer investasi Chateau Capital Limited (CCL) dengan metode discounted cashflow. Dia juga menegaskan jika Perseroan tidak memiliki hubungan dengan anggota grup Chateau dari Australia tersebut karena tidak memiliki saham langsung di perusahaan tersebut.

Konversi notes juga tanpa penilaian karena notes tersebut dan saham-saham AMD karena mewakili 100 persen hak atas kepemilikan underlying assets. Konversi yang dilakukan hanya sekedar perubahan bentuk."Kami tidak berafiliasi dengan grup Chateau tersebut," ujarnya.

Perseroan juga mengatakan jika hingga saat ini masih belum ada hasil yang berbentuk uang dari investasi yang didapat. Pihak Chateau menjadikan saham-saham AMD menjadi special asset shares berarti saham tidak dapat dikembalikan (redeemed), namun bisa dibayar jika tersedia dana untuk itu.

Investasi atas aset tersebut tetap berada di bawah pengelolaan ADM dan Perseroan belum melakukan divestasi pada investasi tersebut. Perseroan hanya bisa mengatakan penghapusan tersebut dilakukan sesuai prinsip laporan keuangan. "Kami yakin jika penghapusan tersebut sesuai dengan prinsip laporan keuangan," ujarnya.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1120 seconds (0.1#10.140)