Ini Cara Bisnis Besar Sederhanakan Proses Transaksi, Dapat Ditiru UMKM, Loh!

Selasa, 01 Maret 2022 - 08:32 WIB
loading...
Ini Cara Bisnis Besar Sederhanakan Proses Transaksi, Dapat Ditiru UMKM, Loh!
Ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan efisiensi bisnis yang dijalankan, di antaranya payment gateway dan juga disbursement.
A A A
JAKARTA - Era teknologi telah mengubah metode pembayaran transaksi secara lebih modern. Setiap orang dalam menjalankan bisnis dan transaksi tentu saja tidak ingin berbelit-belit dan selalu ingin memberikan yang terbaik untuk para pelanggannya. Terlebih lagi para pelanggan menginginkan pembayaran dengan sistem yang efektif dan efisien - tidak memakan banyak waktu.

Ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan efisiensi bisnis yang dijalankan, di antaranya payment gateway dan juga disbursement. Kedua metode transaksi tersebut saat ini sedang tren dan banyak dipilih oleh para pengusaha besar demi mempermudah sistem penjualan mereka. Dengan kedua metode transaksi tersebut membuat para perusahaan besar lebih mudah dalam meningkatkan dan mengembangkan bisnisnya.

Apapun transaksi yang dilakukan, payment gateway serta disbursement ini sangat efektif. Lalu, apa itu payment gateway dan juga disbursement? Mengapa banyak dipilih oleh para perusahaan besar?

Apa Itu Payment Gateway?
Payment gateway ini merupakan sebuah sistem pembayaran yang menghubungkan website atau aplikasi daring Anda ke berbagai lembaga dan instrumen keuangan. Hal ini ditujukan supaya customer dapat melakukan pembayaran dan bertransaksi langsung di platform Anda, dan mendapatkan pengalaman bertransaksi yang seamless.

1. Sistem Keamanan Payment Gateway
Payment gateway ini juga memiliki sistem penunjang agar lebih maksimal dalam menerima transaksi kartu kredit, di mana merupakan transaksi yang paling rawan penipuan. Adapun beberapa di antaranya adalah address verification system yang merupakan sistem verifikasi tagihan secara otomatis untuk pihak penagih sesuai dengan data yang dimasukkan, misalnya saja nomor telepon, kartu kredit, email ataupun alamat penagih.

Selain itu, ada juga security code yang memungkinkan proses transaksi dengan keamanan tercanggih saat ini. Bahkan, ada juga 3D secure password yang merupakan sistem keamanan berlapis guna memastikan hanya pemilik kartu pembayaran yang digunakan yang dapat melakukan transaksi.

2. Cara Kerja Payment Gateway
Cara kerja dari payment gateway sendiri sebenarnya cukup sederhana. Konsumen dapat melakukan pembelian produk yang ingin dibeli secara daring. Informasi tagihan pembelian ini akan disampaikan ke payment gateway yang terhubung di website atau aplikasi pembelian. Selanjutnya, payment gateway akan menerbitkan tagihan yang bisa dibayarkan secara online ataupun offline.

Sistem payment gateway juga melakukan pengecekan secara berkala untuk memastikan tagihan telah dibayarkan. Saat sistem mendeteksi pembayaran telah dilakukan, payment gateway akan mengirimkan notifikasi kepada penjual sehingga produk dapat dikirimkan kepada customer.

3. Manfaat Sistem Payment Gateway
Sistem transaksi satu ini memang memberikan dampak yang cukup signifikan di dalam sebuah kehidupan. Semua transaksi pembayaran dapat berjalan secara efektif. Selain itu, ada juga beberapa manfaat lain dari payment gateway ini.

Beberapa di antaranya adalah mempermudah transaksi secara online kapanpun tanpa harus menunggu respons admin, memiliki pilihan pembayaran yang lebih banyak, transaksi menjadi lebih cepat diselesaikan, memberikan keamanan yang lebih, dan juga memungkinkan transaksi secara massal di dalam satu waktu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2953 seconds (0.1#10.140)