Lika-Liku Arifin Panigoro: Putra Pedagang Kopiah yang Punya Kekayaan Rp7,8 Triliun

Senin, 28 Februari 2022 - 08:17 WIB
loading...
Lika-Liku Arifin Panigoro: Putra Pedagang Kopiah yang Punya Kekayaan Rp7,8 Triliun
Kemamuan usaha Arifin Panigoro diwariskan dari sang ayah. Foto/Wantipres
A A A
JAKARTA - Kesuksesan Arifin Panigoro di dunia bisnis, khususnya perminyakan, tak ujug-ujug datang begitu saja. Selain karena kerja keras, ternyata Arifin juga memiliki "darah bisnis" dari ayahnya, Jusuf Panigoro.



Sang ayah yang berasal dari Gorontalo memutuskan untuk mencari peruntungan ke Pulau Jawa. Jusuf Panigoro akhirnya berlabuh di Bandung, Jawa Barat.

Di kota ini Jusuf Panigoro kemudian berdagang kopiah. Usaha itu terus berkembang ke berbagai bisnis lain, termasuk agen penjualan barang elektronik.

Kemampuan berbisnis itu kemudian diwariskan ke Arifin Panigoro, salah satu dari 11 anak Jusuf Panigoro. Arifin kemudian memulai bisnis pada tahun 1980 dengan mendirikan Medco.



Tahun 1981 Arifin mulai masuk ke dunia perminyakan dengan menggarap proyek jalur pipa perminyakan. Arifin kemudian menerjunkan diri untuk masuk ke dunia pengeboran minyak.

Kemampuan Arifin Panigoro mengembangkan bisnis, membuat Medco tak hanya bermain di ranah minyak dan gas, tetapi juga merambah ke berbagai sektor, seperti tekstil dan keuangan.



Tahun 2020 Arifin Panigoro masuk dalam daftar orang terkaya di Indonesia versi Forbes. Dengan kekayaan Rp7,8 triliun, Arifin menduduki posisi 47.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1239 seconds (0.1#10.140)