MNC Bank Berbagi Tips Aman dari Intaian Kejahatan Siber

Senin, 15 Juni 2020 - 13:11 WIB
loading...
MNC Bank Berbagi Tips Aman dari Intaian Kejahatan Siber
MNC Bank memberikan tips agar berbelanja secara daring, penggunaan dompet digital, hingga transaksi perbankan dengan internet banking terhindar kejahatan transaksi perbankan digital. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Tidak dapat dipungkiri bahwa masyarakat Indonesia semakin bergantung pada berbagai transaksi digital. Mulai dari berbelanja secara daring, penggunaan dompet digital, hingga transaksi perbankan dengan internet banking maupun aplikasi seluler kini semakin marak digunakan. Terlepas dari kenyamanan yang ditawarkan, terdapat bahaya kejahatan siber yang mengintai pengguna.

“Transaksi digital telah menjadi opsi utama masyarakat untuk kebutuhan sehari-hari. Sehingga Bank telah mempersiapkan keamanan infrastruktur transaksi digital dengan baik. Namun, dari sisi pengguna juga harus waspada agar terhindar dari tindak kejahatan," ungkap Presiden Direktur MNC Bank Mahdan di Jakarta.

Penguatan infrastruktur digital MNC Bank pada sisi fitur dan kapasitas telah sesuai Rencana Bisnis Bank. Pengembangan Teknologi Informasi (TI) difokuskan untuk menunjang pertumbuhan bisnis, memperbaiki efisiensi proses bisnis, menambah kapasitas, meningkatkan keandalan, dan keamanan infrastruktur TI. Sehingga, nasabah dapat menikmati pengalaman transaksi perbankan digital yang baik dan aman.

Mahdan melanjutkan, bahwa saat ini ada 4 modus yang sering digunakan untuk mengelabui korban kejahatan transaksi perbankan digital:

1. Pharming
Penipu akan melakukan pengalihan dari situs yang sah ke situs palsu milik penipu tanpa diketahui dan disadari oleh korban ketika mencoba mengunjungi situs web resmi. Kemudian mengambil data yang dimasukkan oleh korban pada situs web palsu tersebut.

Agar terhindar dari jebakan tersebut, pengguna dapat melihat apakah alamat situs web sudah benar. Contohnya untuk Ebizz Banking MNC Bank adalah https://cms.mncbank.co.id/ dan selain dari alamat situs web tersebut, dapat dipastikan adalah situs web palsu.

Selain itu selalu mengunduh aplikasi seluler mobile banking MNC Mbanking dari app store maupun play store, dan tidak dari sumber lainnya.

2. Phising
Penipu memulai serangan dengan mengirimkan surat elektronik (surel) dengan cara menyamar sebagai perwakilan resmi Bank dan meminta korban untuk mengunjungi situs palsu milik penipu dan meminta korban untuk memasukkan informasi pribadi seperti user ID, PIN, Password, Passcode, nomor rekening bank/ nomor kartu kredit secara tidak sah. Informasi pribadi dapat digunakan untuk mengakses akun internet banking dan berbuat kejahatan.

Untuk menghindari hal tersebut, nasabah agar mengabaikan surel dari pihak yang tidak dikenal serta jangan pernah memberikan informasi pribadi penting dalam keadaan apapun juga. MNC Bank sebagaimana institusi perbankan lainnya, tidak pernah meminta data pribadi seperti PIN maupun kode OTP kepada nasabah.

3. Surel spam/spoofing
Penipu menampilkan alamat surel/ nama/ nomor telepon palsu yang serupa ataupun mirip dengan aslinya untuk menyembunyikan identitas dan membuat kesan bahwa komunikasi tersebut resmi. Melalui interaksi surel tersebut penipu dapat mengelabui korban untuk memberikan data-data rahasia ataupun bahkan transfer uang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3362 seconds (0.1#10.140)