Mentan akui gagal urusi kedelai dan gula

Rabu, 26 Desember 2012 - 12:06 WIB
Mentan akui gagal urusi kedelai dan gula
Mentan akui gagal urusi kedelai dan gula
A A A
Sindonews.com - Menteri Pertanian (Mentan) Suswono mengaku gagal mencapai target produksi kedelai dan gula pada tahun ini. Padahal, kedua komoditi tersebut termasuk dalam lima tanaman pangan yang ditargetkan bisa mencapai swasembada pada 2014 mendatang.

"Capaian produksi komoditas pangan dalam rangka swasembada tercapai, kecuali tebu dan kedelai," ucap Suswono dalam acara Chief Editor Meeting di Menara 165, Jakarta, Rabu (26/12/2012).

Dia menjelaskan, Indonesia mengalami defisit hingga 1,5 juta ton kedelai pada tahun ini akibat gagal tercapainya target produksi kedelai sebesar 1 juta ton. "Kedelai sasaran produksi 1 juta ton, cuma tercapai 783 ribu ton, jadi defisit 1,5 juta ton," ungkapnya.

Adapun, kegagalan dalam pencapaian target produksi gula, menurut Mentan, terjadi karena tidak berjalannya rencana revitalisasi sejumlah pabrik gula. "Revitalisasi pabrik gula sampai saat ini belum berjalan baik," tukas Suswono.

Seperti diketahui, beberapa waktu lalu, belum usai krisis kedelai yang membuat produksi tempe berhenti, Indonesia juga mengalami krisis serupa pada produk gula. Penyebabnya, PTPN hanya mampu memproduksi gula sebesar 2,1 juta ton per tahun. Itu artinya gula lokal hanya mampu menutupi kebutuhan 6 persen dari 120 juta penduduk Indoensia.

Kondisi itu masih jauh dari target yaitu mencapai tiga juta ton per tahun. Saat ini, konsumsi gula konsumen Indonesia 12 kilogram per kapita.

Sebelumnya, Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) menilai bahwa Kementerian Pertanian telah gagal total dalam usaha mewujudkan swasembada pangan (beras, kedelai, gula, jagung, daging).

"Kami mendesak pertanggungjawaban Kementerian Pertanian karena kegagalannya dalam merealisasikan berbagai program swasembada yang telah dicanangkannya," Ketua Pemuda Tani HKTI Akbar Husein pekan lalu.

Karena itu, Akbar mendesak agar Menteri Pertanian (Mentan) Suswono untuk mundur dari jabatannya. "Dalam hal ini kami menuntut mundurnya saudara Menteri Pertanian Suswono," sambungnya.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4547 seconds (0.1#10.140)