Miris, 60% Subsidi LPG Dinikmati Orang Kaya, DEN: Sudah Lama Terjadi

Rabu, 02 Maret 2022 - 12:41 WIB
loading...
Miris, 60% Subsidi LPG Dinikmati Orang Kaya, DEN: Sudah Lama Terjadi
Kenaikan harga LPG nonsubsidi dikhawatirkan membuat pelanggan bermigrasi dan menggunakan gas melon atau elpiji subsidi 3 Kg untuk kebutuhannya. Namun DEN mengungkapkan, kebiasaan ini sudah lama. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Kenaikan harga LPG nonsubsidi dikhawatirkan membuat pelanggan bermigrasi dan menggunakan gas melon atau elpiji subsidi 3 Kg untuk kebutuhannya. Sekretaris Jenderal Dewan Energi Nasional (DEN) Djoko Siswanto menyebut, migrasi ini sebenarnya sudah terjadi sekian lama.

Hal ini dibuktikan dari data Pertamina yang menunjukkan, 93% LPG yang beredar di masyarakat adalah LPG 3 kg. Baca Juga: Daftar Lengkap Kenaikan Harga Gas LPG 5,5 Kg dan 12 Kg di Seluruh Indonesia

"Padahal kan di LPG-nya tertulis untuk orang miskin, orang miskin di kita kan sekitar 20%-an saja. Jadi 60% itu tidak tepat sasaran karena orang yang mampu ikut menikmati," ujar Djoko dalam IDX Channel Market Review, Rabu (2/3/2022).

Lebih lanjut, apalagi di tengah kondisi pandemi Covid-19, kemungkinan masyarakat mampu sudah banyak yang menikmati LPG bersubsidi ini. Ditambah lagi, tidak diketahui data pembeli LPG 3 kg karena subsidi gas ini bersifat terbuka.

"Jadi kita sejak lama sudah beralih sebenarnya, apalagi dengan kondisi seperti ini," ungkap Djoko.



Berbagai upaya untuk menyalurkan LPG subsidi agar tepat sasaran sudah dilakukan, mulai dari skema kartu hingga subsidi langsung, namun belum membuahkan hasil. Akhirnya, Kementerian ESDM dan DEN melakukan berbagai cara agar penggunaan LPG bisa berkurang.

"Mulai dari mempertahankan jarigan gas, kompor listrik, DME (Dimetil Ether) yang bahan bakunya dari batu bara, meningkatkan produksi karena kita masih punya lapangan gas yang dapat meningkatkan produksi 500 ribu ton per tahunnya," ujar Djoko.

(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1010 seconds (0.1#10.140)