Ini Faktor Penyebab Harga Minyak Naik

Rabu, 02 Maret 2022 - 18:38 WIB
loading...
Ini Faktor Penyebab Harga Minyak Naik
Faktor penyebab harga minyak dunia terus mengalami kenaikan. FOTO/iStock Photo
A A A
JAKARTA - Harga minyak mengalami kenaikan kembali dirasakan masyarakat Indonesia. Tidak ada yang bisa berbuat banyak selain berharap akan terjadinya penurunan harga.

Dikutip dari media.neliti, minyak bumi merupakan salah satu sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui. Sementara dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari, permintaan masyarakat akan minyak terus meningkat.

Apalagi tidak di imbangi dengan ketersediaan minyak yang ada. Ketidakseimbangan antara produksi dan konsumsi minyak saat ini menyebabkan kenaikan harga minyak yang berfluktuatif.



Berikut faktor penyebab harga minyak dunia melambung tinggi seperti dilansir dari berbagai sumber:

1. OPEC

Organization of the Petroleum Exporting Countries (OPEC) memegang posisi penting sebagai kartel yang berperan mempengaruhi sisi suplai dalam perdagangan minyak dunia. Perubahan kapasitas produksi setiap negara, berikut konflik geopolitik yang kadang-kadang menerpa, menjadi faktor-faktor yang bermain dalam pembentukan tren harga minyak dunia.

2. Situasi Negara-Negara Produsen Minyak

62% persediaan minyak Dunia ada di Timur Tengah dan berpusat di lima negara: Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Qatar, Irak, dan Kuwait. Perbaikan kondisi politik dan keamanan di Timur Tengah memiliki kemampuan besar untuk meningkatkan suplai minyak dan mendorong harga minyak turun; sedangkan meningkatnya ketegangan bisa membuat pasar kuatir suplai berkurang sehingga mendorong harga minyak naik.

3. Perusahaan Minyak
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2403 seconds (0.1#10.140)