Bahaya Perang Kian Nyata, Krisis Rantai Pasok Mulai Mencemaskan

Jum'at, 04 Maret 2022 - 18:31 WIB
loading...
Bahaya Perang Kian Nyata, Krisis Rantai Pasok Mulai Mencemaskan
Orang-orang menunggu untuk dievakuasi ke Rusia di tengah krisis di Donetsk di Ukraina timur, Jumat (18/2/2022). FOTO/AP PHOTO/ALEXEI ALEXANDROV
A A A
JAKARTA - Tanda bahaya perang Rusia Ukraina kian nyata. Krisis rantai pasok semakin mencemaskan. Sebab itu pemerintah perlu melakukan mitigasi dengan cepat karena dikhawatirkan mengerek harga kebutuhan pokok di dalam negeri dan menambah beban berat pemulihan ekonomi Indonesia.

"Selama ini Bank Indonesia dan pemerintah yaitu Kementerian Keuangan selalu membicarakan exit strategy dari kondisi pandemi ini. Dengan adanya konflik ini, exit strategy ini pastinya akan lebih sulit lagi, lebih menantang lagi," kata Direktur Eksekutif Center for Strategic and International Studies (CSIS) Yose Rizal Damuri dalam IDX Channel Market Review, Jumat (4/2/2022).



Lebih lanjut, di satu sisi, kenaikan harga-harga kebutuhan pokok seperti minyak, gas, dan komoditi lainnya harus diimbangi dengan kebijakan moneter yang tepat. Di sisi lain, ekonomi Indonesia harus lebih ekspansif untuk memanfaatkan momentum pemulihan ekonomi.

Menurut Yose, Indonesia akan mendapat kesulitan jika sektor keuangan global masih akan tidak pasti dengan adanya pandemi ditambah dengan konflik Rusia-Ukraina ini. Di samping itu,, Indonesia harus mempercepat vaksinasi masyarakat agar pandemi Covid-19 tidak mengganggu pemulihan ekonomi.



"Jadi hal-hal seperti ini mix antara kebijakan ekonomi yang lebih ketat dengan kebijakan fiskal yang lebih ekspansif tentunya harus diperhatikan benar-benar," ujar Yose.

(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0990 seconds (0.1#10.140)