Kembangkan Kota Pintar di IKN Nusantara, Kominfo Siapkan Infrastruktur 5G

Jum'at, 04 Maret 2022 - 23:59 WIB
loading...
Kembangkan Kota Pintar di IKN Nusantara, Kominfo Siapkan Infrastruktur 5G
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) akan membangun infrastruktur untuk mendukung penerapan teknologi 5G di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate mengatakan, pembangunan 5G di IKN nusantara diharapkan dapat mendorong pengembangan kota pintar di IKN Nusantara.

“Tahun ini kami akan mengadakan lelang spektrum. IKN baru kami akan menjadi ibu kota yang didukung penuh oleh 5G. Oleh karena itu, kami perlu membangun infrastruktur TIK (teknologi, informasi, komunikasi) untuk mendukung operasi 5G di kota otonom,” ujarnya melalui keterangan tertulis, Jumat (4/3/2022).

Baca juga: Jokowi Segera Umumkan Nama Kepala Otorita IKN

Menkominfo menyatakan Indonesia akan memamerkan pengalaman penerapan teknologi 5G dalam KTT G20. Melalui forum tersebut menurutnya Indonesia dapat menjadi momentum Indonesia mengembangkan transformasi digital yang inklusif.

Vice President Huawei untuk Kawasan Asia-Pasifik Jay Chen mengatakan Indonesia berada di jalur cepat adopsi teknologi 5G, di mana implementasi dan penggunaannya secara penuh dapat menjadi game-changer dan solusi mendasar, baik untuk kota pintar, tata kelola, transportasi, sektor pertambangan, atau perawatan kesehatan.

Baca juga: Robot Bartender Kime Siap Meracik Minuman Lewat Jaringan 5G

Jay Chen menyatakan dukungan terhadap Indonesia dalam mewujudkan transformasi digital. “Dengan penelitian dan pengembangan komprehensif dalam teknologi 5G sejak 2009, kami dapat mendukung Indonesia dalam mewujudkan tujuan tersebut,” tuturnya.

Selain itu Huwawei menyatakan akan terus berkontribusi untuk memberikan nilai tambah ekosistem digital Indonesia, melalui penguatan infrastruktur 5G dan Cloud, penyiapan talenta digital, dan inisiatif lain.



“Ke depannya, kita bisa menjajaki lebih jauh ke dalam kolaborasi untuk mendukung perekonomian Indonesia dan industri telekomunikasi untuk melangkah lebih jauh,” pungkasnya.
(ind)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1532 seconds (11.210#12.26)