Level baru, IHSG rawan profit taking

Jum'at, 04 Januari 2013 - 08:27 WIB
Level baru, IHSG rawan profit taking
Level baru, IHSG rawan profit taking
A A A
Sindonews.com - Sentimen positif masih mewarnai pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) sehingga masih dapat bertahan di zona positif. Target rekor tertinggi baru pun akhirnya tercapai setelah di tahun lalu tidak tercapai, namun semua itu tergantung dari sentimen apa yang mewarnai lantai bursa.

Kepala Riset Trust Securities, Reza Priyambada, menilai sentimen penurunan klaim pengangguran masih mampu menopang sentimen global. "Pada perdagangan hari ini diperkirakan IHSG akan berada pada support 4.330-4.362 dan resistance 4.405-4.41," kata dia di Jakarta, Jumat (4/1/2012).

Reza melanjutkan, pencapaian record terbaru biasanya rawan terjadi profit taking, namun diharapkan peluang tersebut tidak terlalu besar jika sentimen positif masih banyak beredar sehingga IHSG diharapkan tidak melemah dalam masa January Effect ini.

"Namun jika tidak, maka dikhawatirkan akan terjadi pelemahan yang dimanfaatkan untuk profit taking tersebut," tukas dia.

Dia menambahkan, bursa saham Eropa bergerak negatif setelah pelaku pasar melihat masih ada masalah setelah tercapainya kesepakatan fiscal cliff, yaitu masalah debt ceiling.

"Sedangkan bursa saham AS kemungkinan akan terpengaruh sentimen negatif tersebut. Namun, dengan adanya rilis data klaim pengangguran yang diekspektasikan turun maka diharapkan mampu mengimbangi sentimen negatif tersebut," jelas dia.

Sebelumnya, sepanjang perdagangan. kemarin, IHSG menyentuh level 4.401,33 (level tertingginya) jelang akhir sesi 1 dan menyentuh level 4.356,41 (level terendahnya) di awal sesi 1 dan akhirnya berhasil bertengger di level 4.399,26.

Volume perdagangan dan nilai total transaksi tercatat naik. Investor asing mencatatkan nett buy dengan kenaikan nilai transaksi beli dan nilai transaksi jual. Investor domestik mencatatkan nett sell.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.1482 seconds (0.1#10.140)