Petani Bawang Ini Selamat dari Penyakit 'inul' lewat Sistem Pemupukan Berimbang

Jum'at, 04 Maret 2022 - 21:47 WIB
loading...
Petani Bawang Ini Selamat dari Penyakit inul lewat Sistem Pemupukan Berimbang
Musim tanam saat curah hujan tinggi biasanya menjadi tantangan bagi petani bawang merah. Varietas tersebut kerap diserang jamur fusarium yang bisa merusak bawang hingga menyebabkan gagal panen. Foto/Dok
A A A
CIREBON - Musim tanam saat curah hujan tinggi biasanya menjadi tantangan bagi petani bawang merah. Varietas tersebut kerap diserang jamur fusarium yang bisa merusak bawang hingga menyebabkan gagal panen. Namun hal itu tidak terjadi di lahan H. Kardah, petani bawang merah asal Desa Silih Asih, Kecamatan Pabedilan, Kabupaten Cirebon.



Tanaman bawang di lahannya tidak terpengaruh jamur fusarium, bahkan bisa melewati musim hujan dan menghasilkan panen dengan baik. Sebab, Kardah mengaplikasikan sistem pemupukan berimbang dari Pupuk Indonesia . Sejak awal Januari 2022, Kardah mengikuti demplot dan mengaplikasikan pupuk organik, urea, NPK dan NKP cair baik subsidi dan non subsidi.

"Dengan pemupukan berimbang, hasil panen sangat baik. Umbinya tumbuh cukup besar, dan ada kenaikan panen," kata Veronika Trisna Sukmawati, VP Pengendalian Operasi Pemasaran Wilayah Barat, Pupuk Indonesia (Persero) usai panen bawang dengan petani, Jumat (4/3/2022).

Pupuk yang digunakan bermerek : Petroganik, Nitrea, SP-36, ZA, Nitroku Prima, Nitroku Optima, Phonska Plus, ZK dan Phonska OCA. Veronika berharap, keberhasilan demplot di lahan H. Kardah bisa dirasakan petani lainnya. Sebab, dengan pemupukan berimbang, bertani lebih hemat dan efisien.

"Karena tidak memupuk berlebihan, modal tanam lebih hemat, tapi hasilnya justru lebih baik," ungkap Veronika.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Cirebon, Asep Pamungkas menuturkan, sistem pemupukan berimbang Pupuk Indonesia berpotensi menghasilkan panen bawang hingga mencapai 1,5 ton dari luasan 650 meter persegi.

"Artinya, dalam satu hektare berpotensi menghasilkan panen hingga 24 ton. Padahal dengan cara lama, biasanya 15 ton. Berarti sistem pemupukan berimbang bisa meningkatkan produktivitas," kata Asep.

Sementara itu, H Kardah mengatakan, demplot di lahannya melalui pemupukan berimbang bisa menghasilkan umbi bawang yang padat dan berat. Padahal lahannya kerap diguyur hujan lebat.

"Alhamdulillah, kombinasi pupuk subsidi dan non subsidi Pupuk Indonesia bisa membuat bawang merah tetap panen di musim hujan. Padahal biasanya, musim hujan adalah waktu yang dihindari petani untuk menanam bawang," ujar Kardah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1319 seconds (0.1#10.140)