Kementan Dukung Usaha Petani Milenial melalui Hibah Kompetitif

Minggu, 06 Maret 2022 - 21:04 WIB
loading...
Kementan Dukung Usaha Petani Milenial melalui Hibah Kompetitif
Kepala SMKPPN Banjarbaru Budi Santoso (tengah) mengunjungi lahan pertanian petani milenial Kalimantan Selatan.
A A A
JAKARTA - Kementerian Pertanian (Kementan) tahun ini kembali memberi kesempatan bagi petani milenial , untuk berkompetisi memperoleh satu fasilitas istimewa berupa Hibah Kompetitif. Dalam program ini, petani milenial akan mendapatkan bantuan dana dengan pendampingan dan pelaporan berkala.

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo menegaskan komitmen pemerintah terus memfasilitasi generasi milenial agar dapat terjun menjadi petani serta wirausaha pertanian sekaligus meyakinkan bahwa pertanian itu menjanjikan.

Menurutnya, Kementan berupaya mengubah pola pikir generasi muda bahwa pertanian itu keren, hebat, dan satu-satunya sektor yang menjanjikan, terlebih di tengah pandemi saat ini.

(Baca juga:Petani Milenial Diajak Mentan Kenali Metaverse dan Kuasai Internet of Things)

“Kita fasilitasi mereka, kita tingkatkan pengetahuan dan kemampuan mereka melalui pelatihan. Kita manfaatkan teknologi, alsintan, jejaring hingga jejaring pemasaran,” kata Mentan Syahrul dalam keterangan tertulisnya, Minggu (6/3/2022).

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi menegaskan bahwa pertanian harus didukung kalangan milenial sebagai generasi muda.

“Mendukung upaya pemerintah melakukan regenerasi petani sekaligus melahirkan pengusaha muda pertanian yang berdampak sosial dan ekonomi bagi masyarakat pertanian Indonesia,” tegasnya.

(Baca juga:Mentan Syahrul Ajak Petani Milenial Olah Produk Turunan)

Saat ini, Kementan memfasilitasi bantuan modal melalui kegiatan Hibah Kompetitif bagi wirausaha muda pertanian yang belum mendapatkan akses perbankan untuk mengembangkan serta mengelola usahanya.

Hibah Kompetitif
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1175 seconds (0.1#10.140)