Kiprah Mahendra Siregar: Anak Buah Sri Mulyani yang Jadi Calon Kuat Ketua DK OJK

Senin, 07 Maret 2022 - 13:48 WIB
loading...
Kiprah Mahendra Siregar: Anak Buah Sri Mulyani yang Jadi Calon Kuat Ketua DK OJK
Mahendra Siregar jadi salah satu calon kuat ketua DK OJK. Foto/Antara
A A A
JAKARTA - Mahendra Siregar resmi diumumkan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani sekaligus Ketua Pansel (Panitia Seleksi) Calon Anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan sebagai salah satu calon ketua DK OJK periode 2022-2027.



Nama Mahendra berada di urutan pertama untuk posisi ketua. Selanjutnya diikuti oleh, Darwin Cyril Noerhadi dan Iskandar Simorangkir. Penempatan namanya di urutan pertama, seolah-olah Mahendra adalah calon unggulan untuk mengisi posisi ketua DK OJK.

Mahendra Siregar sendiri memiliki background pendidikan ekonomi. Track recordnya dalam pemerintahan untuk mengurus perekonomian sudah cukup banyak.

Lulus dari Fakultas Ekonomi Universita Indonesia, pada tahun 2021 Mahendra Siregar sempat bergabung dengan Kementerian Koordinator Perekonomian. Di sana Mahendar menjabat sebagai Asisten Khusus Menteri Koordinator Perekonomian kala itu, Dorodjatun Kuntjoro-Jakti.

Pria kelahiran Bandung, Jawa Barat, 17 Oktober 1962 itu makin dikenal setelah menduduki jabatan sebagai Deputi Menko Perekonomian Bidang Kerjasama Ekonomi dan Pembiayaan Internasional.



Tidak tanggung-tanggung, lulusan S2 Monash University itu menjabat tugas yang sama pada tiga era Menko Perekonomian, yakni Aburizal Bakrie, Boediono, dan Sri Mulyani Indrawati.

Selanjutnya pada November 2009 Mahendra juga sempat ditunjuk oleh Presiden SBY untuk menempati posisi sebagai wakil Menteri Perdagangan mendampingi Menteri Mari Elka Pangestu. Dua tahun bersama Kementerian Perdagangan Mahendra kembali ditunjuk untuk mengisi jabatan pada posisi wakil Menteri Keuangan pada tahun 2011.

Sebagai Wakil Menteri Mahendra mendampingi Menteri Agus Martowardojo. Keahliannya berdiplomasi, bernegosiasi, dan memiliki jaringan internasional disebut-sebut menjadi alasan Presiden SBY menunjuk Mahendra kembali berada di lingkup pemerintahan.

Setelah menjabat sebagai Wakil Menteri Keuangan, pada Oktober 2013 Mahendra kembali dipercaya mengisi jabatan sebagai Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal.



Di sektor jasa keuangan, Mahendra sempat menempati jabatan sebagai direktur utama pada Indonesia Eximbank. Selain itu dirinya juga sempat menjabat sebagai komisaris di beberapa perusahaan, di antaranya adalah PT Dirgantara Indonesia dan PT Aneka Tambang.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2379 seconds (0.1#10.140)