Dorong Pemulihan Global, Airlangga Sambut Saran dan Dukungan dari C20

Senin, 07 Maret 2022 - 23:49 WIB
loading...
Dorong Pemulihan Global, Airlangga Sambut Saran dan Dukungan dari C20
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dalam sambutannya secara virtual pada acara Civil 20 (C20) Kick Off Ceremony and Meeting di Bali, Senin (7/3/2022). Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Dalam rangka menyukseskan Presidensi G20 Indonesia, dukungan dan masukan dari berbagai kelompok masyarakat sipil sangat penting terutama dalam menghadapi tantangan saat ini.

Dengan mengusung tema “Recover Together, Recover Stronger”, Indonesia siap memimpin negara maju dan berkembang dalam menjadikan pemulihan global sebagai tujuan bersama.

Menteri Koordinator (Menko) bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam sambutannya pada acara Civil 20 (C20) Kick Off Ceremony and Meeting di Bali mengatakan, tanpa kolaborasi atau kerja sama, pemulihan ekonomi global tidak akan merata.

“Kick-off meeting C20 mengusung tagline yang tepat yaitu Listening to the World. Ketika anda mendengarkan dunia, anda akan merangkul inklusivitas. Maka anda mewakili yang belum pernah terdengar dan yang kurang terwakili,” ujarnya dalam sambutan secara virtual, Senin (7/3/2022).



Airlangga melanjutkan, akses yang sama ke vaksin juga akan memakan biaya dan tanpa kerjasama tidak akan ada perdamaian, pembangunan, dan kemakmuran.

Adapun prioritas C20 didukung oleh tujuh kelompok kerja yakni akses vaksin dan kesehatan global, kemudian lingkungan, keadilan iklim, dan transisi energi.

Selanjutnya SDGs dan kemanusiaan, pendidikan, digitalisasi, dan ruang sipil, kesetaraan gender, anti korupsi, serta perpajakan dan keuangan berkelanjutan.



Pada dasarnya, prioritas C20 tersebut berkorelasi dengan agenda utama G20 Indonesia yakni dalam memperkuat arsitektur kesehatan global, mendorong transformasi ekonomi berbasis digital, dan transisi energi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2866 seconds (0.1#10.140)