Profil Bambang Susantono, Bos Baru IKN Nusantara yang Juga Penulis Buku Revolusi Transportasi

Kamis, 10 Maret 2022 - 17:41 WIB
loading...
Profil Bambang Susantono, Bos Baru IKN Nusantara yang Juga Penulis Buku Revolusi Transportasi
Bambang Susantono (kiri) usai dilantik sebagai Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kamis (10/3/2022). Foto/tangkapan layar
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo hari ini resmi melantik Bambang Susantono sebagai Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara untuk periode pertama yang akan dijabat selama lima tahun.

Bambang bukan sosok asing di lingkungan pemerintahan. Di era presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), alumnus ITB itu sempat menjabat sebagai Wakil Menteri Perhubungan (Wamenhub) pada tahun 2009.

Tentunya, Bambang dipercaya mengemban amanah di sektor perhubungan karena memiliki keahlian di bidang transportasi, di mana dia juga punya latar belakang pendidikan S2 Teknik Transportasi di University of California, Amerika Serikat.

Baca juga: Bambang Susantono Resmi Dilantik sebagai Kepala Otorita IKN Nusantara

Tak hanya itu, di universitas yang sama Bambang juga mengenyam pendidikan S2 Perencanaan Wilayah dan Kota, serta S3 Perencanaan Infrastruktur. Dengan latar belakang pendidikan tersebut, pria berusia 58 tahun itu dinilai tepat mengemban jabatan Kepala Otorita IKN.

Bambang sempat menulis buku berjudul 'Revolusi Transportasi' yang diterbitkan pertama kali pada 2014. Dalam buku tersebut, dia mengulas tentang tata kota dan masalah kemacetan. Buku tersebut ditulis melalui pendekatan dan analisis kondisi transportasi di Jakarta yang kerap didera kemacetan.

Baca juga: Tiba di Jakarta, Pembalap Moto2 Keturunan Indonesia Pamer Soto Plus Sambel

Bambang juga aktif menulis sejumlah buku yang berkaitan dengan infrastruktur transportasi. Sederet karyanya tersebut di antaranya berjudul “Manajemen Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah”, “1001 Wajah Transportasi Kita”, “Strategi Dalam Penataan Ruang dan Pengembangan Wilayah”, “Transportasi dan Investasi”.

Jika menilik buku-buku karyanya tersebut maka fokus pembangunan di IKN Nusantara untuk mengembangkan infrastuktur transportasi yang modern terlihat relevan.

Kariernya membenahi infrastruktur transportasi juga membawa Bambang menjadi Pelaksana Tugas Menteri Perhubungan (Menhub) menggantikan EE Mangindaan yang kala itu mengundurkan diri karena terpilih sebagai Wakil Ketua MPR periode 2014-2019.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1887 seconds (11.210#12.26)