Perang! Ukraina Jadi Abu, Rusia Jadi Arang: Kedodoran Bayar Utang

Kamis, 10 Maret 2022 - 20:16 WIB
loading...
Perang! Ukraina Jadi Abu, Rusia Jadi Arang: Kedodoran Bayar Utang
Perang membuat kemampuan Rusia membayar utang menjadi berkurang. Foto/Reuters
A A A
JAKARTA - Perang: Menang jadi arang kalah jadi abu. Itulah pemeo yang menggambarkan perang Rusia-Ukraina saat ini. Ketika Ukraina hancur lebur dibombardir Rusia, Negeri Beruang Merah itu juga kedodoran ekonominya.



Sanksi ekonomi yang datang bertubi-tubi dari Amerika Serikat dan para sekondannya di Benua Biru, membuat Rusia terancam gagal membayar utang-utangnya. Pandangan itu diungkap lembaga pemeringkat utang dunia, Fitch Ratings.

Dikutip dari BBC, Kamis (10/3/2022), Fitch Ratings menurunkan penilaiannya terhadap utang Rusia, sembari menyeru gagal bayar (default) "sudah dekat". Penurunan peringkat oleh Fitch dilakukan di tengah meningkatnya sanksi internasional terhadap Rusia.

Apalagi Moskow sendiri tampaknya sudah "angkat bendera putih" dengan mengatakan pembayaran obligasinya mungkin terpengaruh oleh sanksi. Pemotongan peringkat--dari B menjadi C--telah dilakukan Fitch dua kali di bulan ini sehingga sangat berpengaruh pada kemampuan Rusia melunasi utang.

"Tindakan pemeringkatan ini mengikuti penurunan peringkat kami. Pada 2 Maret, dan perkembangan sejak itu, dalam pandangan kami semakin melemahkan kemampuan Rusia untuk membayar utangnya," kata badan tersebut.

Pengumuman Fitch datang setelah AS dan Inggris mengatakan mereka akan melarang minyak Rusia, sebagai pengebirian ekonomi atas invasi Rusia ke Ukraina. Presiden AS Joe Biden mengatakan langkah itu menargetkan "arteri utama ekonomi Rusia". Uni Eropa sendiri sudah "mendeklarasikan" akan mengakhiri ketergantungannya pada gas Rusia.

Sebagai pengekspor utama energi, langkah-langkah tersebut bertujuan untuk memukul keuangan Moskow, meskipun para ahli memperingatkan aksi itu kemungkinan juga akan membakar harga minyak dan gas alam di pasar global.



Moskow mengatakan kepada investor bahwa mereka akan terus membayar utangnya. Namun, Moskow juga mewanti-wanti bahwa sanksi internasional yang dikenakan pada industri energinya dapat membatasi kemampuan dan kemauannya untuk memenuhi kewajiban.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2379 seconds (0.1#10.140)