Wall Street Kebakaran Lagi, Imbas Inflasi Tak Terkendali

Jum'at, 11 Maret 2022 - 07:39 WIB
loading...
Wall Street Kebakaran Lagi, Imbas Inflasi Tak Terkendali
Wall Street melanjutkan pelemahan pada perdagangan Kamis (10/3/2022) waktu setempat akibat inflasi tak terkendali. FOTO/REUTERS
A A A
JAKARTA - Wall Street melanjutkan pelemahan pada perdagangan Kamis (10/3/2022) waktu setempat akibat inflasi tak terkendali. Hal itu memicu kekhawatiran Federal Reserve AS akan menaikkan suku bunga di akhir pertemuan kebijakan moneter minggu depan untuk mencegah ekonomi dari overheating.

Mengutip Reuters, Dow Jones Industrial Average turun 112,18 poin, atau 0,34%, menjadi 33.174,07, S&P 500 kehilangan 18,36 poin, atau 0,43%, menjadi 4.259.52 dan Nasdaq Composite turun 125,58 poin, atau 0,95%, menjadi 13.129,96.



Enam dari 11 sektor utama di S&P 500 ditutup di wilayah negatif dengan teknologi mengalami penurunan persentase terbesar, sementara saham energi mengalami kenaikan terbesar. Ketidakpastian yang membayangi seputar invasi Rusia ke Ukraina juga membantu meyakinkan pelaku pasar untuk memulai kembali penerbangan mereka ke tempat yang aman.

Sementara ketiga indeks utama berakhir di zona merah, mereka memangkas kerugian mereka di akhir hari dan ditutup jauh di atas posisi terendah sesi, karena pasar ekuitas AS mengikuti hari terbaiknya dalam beberapa bulan pada hari Rabu dengan memperbarui aksi jual multi-sesi.

"Ini lebih sama," kata Paul Nolte, manajer portofolio di Kingsview Asset Management di Chicago, mencatat bahwa volatilitas harian pasar ekuitas lebih didorong oleh geopolitik daripada berita ekonomi.

Harga konsumen melonjak pada Februari ke tingkat pertumbuhan tahunan 7,9%, menurut Departemen Tenaga Kerja, pembacaan terpanas dalam empat puluh tahun.

Sementara pasar sepenuhnya mengharapkan bank sentral untuk menaikkan suku bunga target dana Fed sebesar 25 basis poin pada akhir pertemuan kebijakan moneter minggu depan, data CPI menyarankan FOMC bisa bergerak "lebih agresif" untuk mengekang inflasi di tahun mendatang, karena dijanjikan oleh Ketua Fed Jerome Powell pekan lalu.

Harga energi adalah penyebab utama, dengan harga bensin melonjak 6,6% dalam satu bulan, meskipun laporan tersebut tidak mencerminkan keseluruhan lonjakan harga minyak mentah setelah tindakan Rusia di Ukraina.

Tindakan itu membuat kegelisahan geopolitik memuncak, dengan pembicaraan damai menunjukkan sedikit kemajuan bahkan ketika krisis kemanusiaan terungkap dan tekanan pasokan minyak dunia terus membebani pasar global.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1265 seconds (0.1#10.140)