Waspada! Ini Cara Pintar & Aman Pakai Kartu Kredit Saat Pandemi

Jum'at, 11 Maret 2022 - 08:59 WIB
loading...
Waspada! Ini Cara Pintar & Aman Pakai Kartu Kredit Saat Pandemi
Tips Pintar dan Aman Pakai Kartu Kredit. FOTO/MNC Media
A A A
JAKARTA - Keberadaan kartu kredit sebagai alat bayar di tengah situasi pandemi makin memberikan banyak manfaat karena kita tetap bisa berbelanja memenuhi kebutuhan meski ada pembatasan sosial. Kartu kredit pun semakin luas penggunaannya seperti belanja online, pemesanan tiket, membeli makanan dan kebutuhan sehari-hari.

Selain nyaman dan praktis, kartu kredit bisa menjadi penyelamat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari di saat kantong kosong, terlebih dengan adanya berbagai penawaran diskon /cashback, poin, cicilan hingga bebas biaya tahunan.

Namun, seiring meningkatnya volume penggunaan kartu kredit, tingkat kejahatan pun turut meningkat. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghindari risiko kejahatan saat menggunakan kartu kredit.



Berikut tips cara menggunakan kartu kredit dengan aman dan nyaman:

1. Gunakan Satu Kartu Kredit
Biasakan hanya menggunakan satu kartu kredit untuk transaksi daring /online. Cara ini digunakan untuk mengurangi risiko pencurian informasi pribadi. Satu kartu kredit untuk bertransaksi daring /online juga akan memudahkan Anda dalam melacak seluruh transaksi yang ada.

2. Gunakan PIN Yang Aman
Pastikan Anda menggunakan Personal Identification Number (PIN) yang unik untuk mengurangi risiko pembobolan kartu kredit karena PIN adalah hal yang paling krusial dalam menjaga keamanan transaksi. Selain itu jangan lupa untuk mengganti PIN secara berkala agar terhindar dari scamming dan profiling.

3. Hindari WiFi Publik Saat Transaksi
Sarana umum seperti restoran, stasiun dan bandara memiliki akses WiFi yang disediakan secara gratis. Namun saat bertransaksi daring/ online hindari menggunakan WiFi gratis karena tingginya potensi penyadapan.

Jika Anda tidak waspada, peretas bisa mengakses informasi seperti kredensial perbankan, kata sandi, dan data sensitif lainnya.

4. Jaga Data Rahasia
Pastikan menjaga data rahasia seperti PIN 6 digit, nomor CVV/CVC, kode OTP dan tidak berbagi dengan siapapun.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2254 seconds (0.1#10.140)