Serang Ukraina, Ekonomi Rusia Bakal Masuk Jurang Resesi

Jum'at, 11 Maret 2022 - 13:33 WIB
loading...
Serang Ukraina, Ekonomi Rusia Bakal Masuk Jurang Resesi
IMF prediksi ekonomi Rusia akan masuk jurang resesi. Foto/kafkadesk.org
A A A
JAKARTA - International Monetary Fund ( IMF ) memprediksi ekonomi Rusia akan jatuh ke dalam jurang resesi. Kejatuhan itu sebabkan oleh sanksi negara-negara Barat imbas serangannya ke Ukraina.



IMF khawatir, ekonomi global tertekan karena perang yang sudah berlangsung dua minggu ini. Efek lanjutannya, negara-negara yang belum pulih akibat pandemi Covid-19 semakin lama untuk bangkit.

"Itu mungkin memicu ketakutan akan resesi (di Rusia)," kata Kristalina Georgieva, Managing Director IMF, dikutip dari Reuters, Jumat (11/3/2022).

Georgieva "memastikan" Rusia masuk ke dalam resesi, namun akibat yang sama belum diprediksi mengenai negara-negara di Eropa dan Asia yang lain. Lanjutnya, IMF juga kemungkinan akan memangkas perkiraan pertumbuhan ekonomi global akibat invasi ini.

"Kami berpikir akan menurunkan proyeksi pertumbuhan sebagai akibat dari krisis (Rusia-Ukraina), tetapi kami masih berharap dunia berada di wilayah pertumbuhan yang positif," jelas dia.



Diketahui, IMF memproyeksi ekonomi global tumbuh 4,4% tahun ini. Invasi Rusia ke Ukraina dinilai akan mengubah proyeksi pertumbuhan tersebut.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1760 seconds (0.1#10.140)