Usai Pagebluk Covid-19, Luhut Optimistis PDB Indonesia Akan Tumbuh hingga USD3 Triliun

Selasa, 15 Maret 2022 - 16:15 WIB
loading...
Usai Pagebluk Covid-19, Luhut Optimistis PDB Indonesia Akan Tumbuh hingga USD3 Triliun
Kemajuan digitalisasi di Tanah Air bikin Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan yakin Indonesia bisa jadi negara maju di 2030. Dimana Ia memproyeksikan, Gross Domestik Product (GDP) atau PDB dapat mencapai USD3 triliun. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan memproyeksikan, Gross Domestik Product (GDP) atau PDB ( Produk Domestik Bruto ) di tahun 2030 dapat mencapai USD3 triliun. Hal itu sejalan dengan realisasi visi Indonesia menjadi negara maju sebelum 2045.

“Kalau kita lihat dengan modelling dan sejumlah kemajuan ekonomi sekarang, saya optimis kita memang pada tahun 2030 mungkin GDP bisa mencapai USD3 triliun atau bisa lebih,” kata Menko Luhut dalam Kick Off DEWG 2022, Selasa (15/3/2022).

Baca Juga: Setop Ekspor Bahan Mentah, Jokowi: Negara-Negara Maju Ngamuk Semua

Luhut menilai saat ini produk dari (GDP) atau PDB produk domestik Bruto di tahun 2022 berada di angka USD1,1 Triliun dan diharapkan dapat terus berkembang. “Itu dia kontribusi ekonomi digital juga sangat besar sekali ke kita. Kita ini sebenarnya pemakai yang sudah hebat. Kemudian penyelesaian Covid-19 juga jadi bukti Indonesia mampu hadapi pandemi,” ujarnya.

Menko Luhut menilai Pemerintah Indonesia terus menunjukan impelementasi dengan sejumlah inovasi dari berbagai bidang bagaimana tata kelola kemajuan informasi sudah dapat berkembang.

“Kemarin juga pas Covid kita gunakan digital juga, kita pakai Facebook, pakai NASA, kita pakai Goggle sehingga mobility semua kita tahu. Kita punya data digital yang bagus,” urainya.

“Kita harus bisa kongkrit apa yang bisa kita lakukan, kita lihat showcase dan kita dorong dengan kontribusi segala apa yang kita bisa. Digitalisasi ini akan membuat jauh lebih baik dari apa yang kita kira,” pungkasnya.

Sebelumnya Luhut juga sempat menyebut, diprediksi bahwa rata-rata pertambahan PDB Indonesia hingga 2045 adalah 5,8% per-tahun. Namun apabila Indonesia dapat menjawab problematika global dengan inovasi yang transformatif, diharapkan Indonesia dapat mencapai PDB rata-rata 7,2% per-tahun.

Baca Juga: Luhut: Kereta Cepat Simbol Negara Maju

Sementara itu Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal IV/2021 mencapai 5,02% secara tahunan (year-on-year/yoy). Kepala Badan Pusat Statistik, Margo Yuwono menyampaikan bahwa perekonomian Indonesia yang diukur berdasarkan besaran produk domestik bruto (PDB) pada kuartal IV/2021 atas dasar harga berlaku mencapai Rp4.498,0 triliun, sementara berdasarkan harga konstan mencapai Rp2.845,9 triliun.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3830 seconds (11.210#12.26)