Pengusaha usulkan penataan industri rumput laut

Senin, 04 Februari 2013 - 14:26 WIB
Pengusaha usulkan penataan industri rumput laut
Pengusaha usulkan penataan industri rumput laut
A A A
Sindonews.com - Asosiasi Rumput Laut Indonesia (ARLI) mengusulkan perlunya penataan pola dan strategi pengembangan rumput laut nasional.

Ketua Umum ARLI, Safari Azis mengatakan, hal tersebut sehubungan dengan berkembangnya budidaya rumput laut di Indonesia, program industrialisasi hasil budidaya perikanan dan adanya nota kesepahaman antara Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal, Kementerian Kelautan dan perikanan, Kementerian Perindusterian, dan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah dan Badan Koordinasi Penanaman Modal.

Menurutnya, penataan pola dan strategi pengembangan rumput laut nasional bisa dimulai dari penyegaran pengetahuan jenis dan penangananan bibit rumput laut, pemilihan dan pengaturan lokasi budidaya agar ada harmonisasi dengan pariwisata dan lalu lintas pantai, teknik budidaya serta pasca panen.

"Selain itu, juga diperlukan pengetahuan tentang fungsi dan manfaat hasil ekstraksi rumput laut kepada masyarakat, penyuluh perikanan dan aparat pemerintah daerah yang sering berganti-ganti pada era otonomi daerah ini. Kemduian adanya evaluasi industri pengolahan yang telah dan akan dibangun pemerintah dibeberapa daerah tanpa perencanaan dan feasibility study yang matang," jelasnya dala keterangan tertulisnya, Senin (4/2/2013).

Kedepan, lanjut dia, Indonesia diharapkan menjadi negara terkemuka dibidang rumput laut. Hanya saja, diperlukan sinergitas antara pembudidaya, pengolah, eksportir, peneliti, pemerintah, dan adanya Peta Jalan Rumput Laut Nasional yang pernah diusulkan ARLI yang hingga kini belum ditindalanjuti.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5383 seconds (0.1#10.140)