G20 dukung kebijakan moneter Jepang

Senin, 18 Februari 2013 - 11:43 WIB
G20 dukung kebijakan moneter Jepang
G20 dukung kebijakan moneter Jepang
A A A
Sindonews.com - Kepala keuangan global yang tergabung dalam kelompok ekonomi 20 negara (G20) memberikan sinyal positif atas upaya Jepang merangsang ekonomi yang stagnan selama pembuat kebijakan itu berhenti menggeser yen. Pesan itu disampaikan para menteri keuangan dan gubernur bank sentral pada pembicaraan akhir pekan di Moskow, Rusia.

Mereka berjanji tidak menargetkan nilai tukar uang untuk tujuan kompetitif. Di luar perkiraan, Jepang tidak mendapat teguran terkait kebijakannya menjatuhkan yen dan justru meraih dukungan atas upayanya mengalahkan deflasi.

"Tidak ada kecaman dari sikap Jepang atas kebijakan pembangunan ekonominya, dengan tidak sengaja melakukan mendevaluasi," kata Menteri Keuangan Brasil, Guido Mantega, seperti dilansir Boolmberg, Senin (18/2/2013).

Yen memperpanjang kerugian terhadap dolar AS hari ini, menyusul komentar Perdana Menteri Shinzo Abe yang mengatakan kepada parlemen, bahwa pembelian obligasi asing adalah pilihan kebijakan moneter dan hukum yang mengatur bank sentral dapat direvisi jika gagal mendapatkan hasil. Investor sendiri terfokus pada pemilihan pengganti Gubernur BoJ (Bank Sentral Jepang) Masaaki Shirakawa, yang memutuskan mundur bulan depan.

"Abe harus mampu mendorongnya untuk pelonggaran moneter. Pembelian obligasi asing oleh BOJ mungkin kebijakan yang sulit dilaksanakan, karena bisa diartikan sebagai intervensi mata uang," ujar Hiroaki Muto, ekonom senior dari Sumitomo Mitsui Asset Management Co, Tokyo.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7099 seconds (0.1#10.140)