Berencana Investasi Jangka Pendek? Ketahui Dulu Tips dan 4 Rekomendasi Produknya Bagi Pemula

Senin, 21 Maret 2022 - 20:12 WIB
loading...
A A A
Saat memutuskan untuk berinvestasi jangka pendek, idealnya pilih instrumen investasi yang memiliki risiko rendah, tapi potensi keuntungan atau returnnya tetap optimal. Berikut adalah beberapa rekomendasi pilihan investasi berjangka pendek yang patut untuk dipertimbangkan dan dipilih sesuai kebutuhan.

Deposito
Deposito adalah salah satu produk keuangan yang luas dikenal masyarakat sebagai instrumen investasi jangka pendek di mana penarikan dananya hanya bisa dilakukan di jangka waktu yang telah ditentukan. Pencairan dana deposito juga harus disesuaikan dengan sejumlah ketentuan dan syarat tertentu.

Deposito seringkali dijadikan sebagai sarana berinvestasi jangka pendek yang disediakan oleh lembaga perbankan karena tingkat bunga pengembaliannya relatif lebih tinggi ketimbang tabungan. Oleh karena itu, jika Anda bingung memilih instrumen investasi yang tepat untuk meraih tujuan keuangan jangka pendek, deposito ini selalu siap dijadikan pilihan yang aman namun tetap mampu memberikan keuntungan optimal.

Saham Perusahaan Blue Chip
Blue chip adalah sebutan bagi perusahaan besar yang memiliki reputasi, kondisi keuangan, dan posisi bisnis yang stabil di industrinya. Saham dari perusahaan blue chip ini dianggap memiliki risiko yang cukup rendah sebagai instrumen investasi. Tidak hanya itu, daya tarik lainnya dari menjadi investor di saham ini adalah potensi mendapatkan dividen yang mampu meningkatkan keuntungan yang bisa didapatkan.

Reksa Dana
Rekomendasi produk investasi jangka pendek terakhir yang bisa dipilih adalah reksa dana. Bagi yang belum tahu, reksa dana adalah produk investasi yang ditujukan untuk investor pemula dengan cara menampung modal dari banyak investor sekaligus.

Dana tersebut kemudian akan dikelola manajer investasi dan ditempatkan pada portofolio efek yang dianggap paling menguntungkan sesuai hasil analisisnya. Karena cara kerjanya yang simpel tersebut, investasi reksa dana cocok dijadikan pilihan untuk berinvestasi jangka pendek dengan lebih aman.

Sesuaikan Jangka Waktu Investasi dengan Tips dan Instrumen yang Tepat
Investasi ternyata bisa terbagi ke dalam beberapa kategori berdasarkan dari jangka waktunya. Untuk jangka waktu pendek, instrumen investasi yang ideal untuk dipilih umumnya yang berisiko rendah, seperti, deposito, reksa dana, maupun saham perusahaan blue chip. Dengan potensi keuntungan yang terjamin dan minim risiko, pastinya profit yang bisa didapatkan dari investasi ini lebih optimal dalam meraih tujuan finansial jangka pendek. CM
(srf)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1406 seconds (0.1#10.140)