Warga Datang dari Jauh Demi Mencoba Jalur KA Garut-Cibatu, Menhub: Saya Merinding

Kamis, 24 Maret 2022 - 18:59 WIB
loading...
Warga Datang dari Jauh Demi Mencoba Jalur KA Garut-Cibatu, Menhub: Saya Merinding
Menhub Budi Karya Sumadi (baju putih) di sela peresmian KA Garut-Cibatu. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi bersama Menteri BUMN Erick Thohir hari ini meresmikan jalur kereta api Garut-Cibatu. Sebelumnya, jalur ini sudah tidak beroperasi atau mangkrak selama hampir 40 tahun.

Reaktivasi jalur kereta api ini dilakukan untuk mendukung dan menghubungkan Kawasan Strategis Pariwisata Kabupaten Garut.

Menhub menyatakan, reaktivasi jalur kereta api Garut-Cibatu merupakan bagian dari rencana pengembangan jaringan dan layanan kereta api sebagaimana diatur dalam Rencana Induk Perkeretaapian Nasional.



Kehadiran jalur kereta ini pun sontak disambut antusias oleh masyarakat Garut dan sekitarnya. Saking antusiasnya, beberapa warga Garut sampai ikut dalam uji coba jalur ini.

“Salah satunya seorang bapak berusia 52 tahun yang mengaku terakhir melihat kereta yang melintas ini saat masih SD. Beliau mengaku sangat menanti dan merindukan kehadiran kereta api di Garut yang menyimpan banyak kenangan,” kata Menhub, Kamis (24/3/2022).

Menurut Menhub, sejumlah warga yang turut ikut dalam uji coba ini bahkan ada yang rela datang dari sejumlah daerah seperti Purwakarta menuju Garut.

“Saya ikut merinding mendengar betapa antusiasnya warga Garut bahkan yang jauh-jauh datang dari kota lain untuk ikut uji coba. Mereka bilang terkesima dengan indahnya pemandangan di sepanjang jalur Cibatu-Garut,” ungkap Menhub.



Pihaknya mengucapkan terima kasih kepada Menteri BUMN dan Dirut PT KAI yang memberikan dukungan kepada Kemenhub untuk menjalankan visi misi presiden yaitu memastikan konektivitas ke seluruh daerah dalam rangka mempersatukan Indonesia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1842 seconds (0.1#10.140)