Digifest, Upaya BI Sulsel Dorong Pemulihan Ekonomi Lewat Potensi Digital

Jum'at, 25 Maret 2022 - 07:33 WIB
loading...
A A A
Oleh karena itu, transformasi digital diharapkan bisa meningkatkan inklusivitas, efisiensi, dan transparansi, sehingga bisa mendukung momentum pemulihan ekonomi.

BI Sulsel juga bersinergi dalam rangka mendorong terciptanya transformasi digital. Beberapa program kerja yang telah dilaksanakan antara lain percepatan dan perluasan ETPD (Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah) melalui TP2DD (Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah).

Selanjutnya, elektronifikasi sistem pembayaran dengan menggunakan berbagai kanal pembayaran (termasuk penggunaan QRIS), elektronifikasi pembayaran moda transportasi, digitalisasi UMKM, hingga transformasi penyaluran bansos menjadi nontunai. Berbagai upaya transformasi digital semacam ini terus membutuhkan dukungan semua pihak.



Bentuk kegiatan Digifest pada tahun ini terdiri dari peningkatan pemahaman CBP dan QRIS di tingkat SMA, Idea Kreatif di bidang Sistem Pembayaran pada tingkat Universitas, UMKM Digital untuk Sistem Pembayaran dan One Page-Summary (OPS) program unggulan ETPD Pemda.

Lomba OPS merupakan salah satu rekomendasi dari Rakor TP2DD se-Sulsel yang telah dilaksanakan pada tanggal 4 Maret 2022 serta menjadi salah satu bentuk penguatan kolaborasi BI Sulsel dengan Pemerintah Daerah dalam meningkatkan kualitas program elektronifikasi dan sebagai bridging dalam keikutsertaan Pemda pada kegiatan Championship TP2DD.

Penyelenggaran Digifest 2022 dikemas dalam bentuk pelaksanaan workshop dan perlombaan yang dibagi menjadi berbagai segmen, mulai pelajar SMA, mahasiswa, pelaku UMKM, hingga Pemerintah Daerah.

Melalui kegiatan ini, BI Sulsel berupaya untuk mendorong masyarakat menyalurkan gagasan dan ide mengenai digitalisasi, serta membagikan kembali ide-ide tersebut kepada masyarakat sehingga diharapkan bisa meningkatkan partisipasi dan memberikan akses yang luas kepada seluruh lapisan masyarakat dalam berbagai aktivitas sosial dan ekonomi.

(agn)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3339 seconds (0.1#10.140)