Indonesia Ajak Negara-negara G20 Kejar Target Net Zero Emission 2060

Kamis, 24 Maret 2022 - 21:25 WIB
loading...
Indonesia Ajak Negara-negara G20 Kejar Target Net Zero Emission 2060
Indonesia terus berupaya mengurangi emisi karbonnya. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Presidensi G20 yang diemban Indonesia menjadi momentum penting dalam mencapai target net zero emission (NZE) pada 2060. Menteri ESDM Arifin Tasrif menegaskan, komitmen Indonesia dalam mengurangi emisi dunia dalam forum Energy Transitions Working Group (ETWG) 1.



Melalui forum ini, Arifin mengajak seluruh negara G20 untuk bisa berdiskusi mengenai langkah-langkah yang bisa dikerjakan bersama dalam peningkatan inovasi untuk mengurangi emisi karbon.

"Dalam pertemuan ini Indonesia mengajak semua pihak untuk berkolaborasi dan berdiskusi tentang teknologi yang ramah lingkungan, berkelanjutan dan affordable," terang Arifin dalam pertemuan ETWG 1 di Yogyakarta, Kamis (24/3/2022).



Menurutnya, salah satu langkah pengurangan emisi adalah melalui sektor kelistrikan seperti pengembangan energi baru terbarukan (EBT) dan juga meningkatkan inovasi dan teknologi untuk pengurangan emisi karbon.

Dalam mengawali kegiatan ETWG 1 pada Presidensi G20 Indonesia, Arifin memimpin parade konversi BBM ke motor listrik usai membuka seminar internasional dedieselisasi. Gelaran ini menjadi ajang kampanye budaya baru penggunaan kendaraan listrik serta menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya penggunaan energi yang bersih dan efisien.



"Kita memang mulai memasuki, mendorong kendaraan bermotor listrik supaya bisa mengurangi emisi. Ini sesuai target kita, jadi upaya untuk menggunakan kendaraan listrik itu terus kita intensifkan. Tadi kita baru saja mencoba motor listrik, kita mengkonversi sepeda motor motor yang saat ini menggunakan bahan bakar BBM," katanya.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1293 seconds (0.1#10.140)