HUB.ID Tahap 2 Digelar Juni, Intip Kriteria Startup yang Dicari

Sabtu, 26 Maret 2022 - 15:15 WIB
loading...
HUB.ID Tahap 2 Digelar Juni, Intip Kriteria Startup yang Dicari
Acara Alumni Talks Leverage Your Network to Scale Up yang digelar Kemenkominfo di Jakarta, Kamis (24/3/2022). Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) terus mendorong tumbuh kembang startup digital di Indonesia, salah satunya melalui program business matchmaking HUB.ID.

Dirjen Aplikasi Informatika Kemenkominfo Semuel A Pangerapan dalam sambutannya pada acara Alumni Talks "Leverage Your Network to Scale Up", Kamis (24/3/2022), menyatakan, Indonesia saat ini terus mendorong akselerasi transformasi digital nasional yang ditandai dengan berbagai upaya percepatan pemerataan pembangunan infrastruktur digital.

“Peran Kemenkominfo tidak hanya sebagai regulator, tetapi juga fasilitator yang menyiapkan masyarakat untuk hidup di era ekonomi digital melalui penyediaan berbagai program dimulai dari penyiapan talenta digital sampai dengan akselerasi perkembangan industri startup digital,” ujarnya, dikutipSabtu (26/3/2022).



Di sisi hulu, program 1.000 Startup Digital dan Startup Studio Indonesia hadir untuk menjaring talenta-talenta digital hingga siap mengambil peran dalam ekosistem ekonomi digital.

Sedangkan di sisi hilir, program HUB.ID disiapkan untuk memasilitasi startup digital Indonesia melakukan pertemuan bisnis dengan korporasi baik BUMN ataupun swasta, kementerian/lembaga, pemerintah daerah, serta investor.

Direktur Ekonomi Digital I Nyoman Adhiarna menjelaskan, program HUB.ID yang dimulai pada 2021 melibatkan 43 startup digital, 47 partner dari korporasi, BUMN, dan pemerintah.

Dia menyebut keberhasilan dari program ini adalah terciptanya lebih dari 100 peluang kerja sama bisnis baru dan 29 inisiatif investasi yang melibatkan 15 investor.

Koordinator Business Matchmaking Ditjen Aplikasi Informatika Kemenkominfo Luat Sihombing menambahkan, HUB.ID tahap kedua akan diselenggarakan pada bulan Juni 2022.

Tahapannya mulai dari registrasi, kurasi, hingga business matchmaking dengan pemerintah, korporasi dan investor.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1114 seconds (0.1#10.140)