Akses internet mudah, Banyuwangi akan berkembang

Jum'at, 08 Maret 2013 - 17:12 WIB
Akses internet mudah, Banyuwangi akan berkembang
Akses internet mudah, Banyuwangi akan berkembang
A A A
Sindonews.com - Pengamat Ekonomi dari ITS, Kresnayana Yahya saat menjadi narasumber Digital Society di Pemkab Banyuwangi mengatakan, perkembangan teknologi informasi dan keterbukaan akses internet akan memicu perkembangan masyarakat Banyuwangi secara pesat.

"Pemkab Banyuwangi akan mampu membuka ruang lebar bagi investasi dengan mempersiapkan sumberdaya manusia dan infrastruktur," kata Kresnayana di Banyuwangi, Jumat (8/3/2013).

Dia menambahkan, dengan akses internet yang cukup murah yakni Rp1.000 per 24 jam, maka kedepan Banyuwangi tidak perlu lagi mengirim tenaga kerja ke luar negeri. Sebab ketika saat ini pelajar sudah biasa mengakses internet, maka akan memunculkan industri kreativitas baru.

Kresnaya menerangkan, dalam 3 tahun terakhir ini pengguna internet sudah meningkat 3 kali lipat. "Dengan internet, semua informasi mengenai potensi Banyuwangi bisa dilihat banyak orang, mulai dari industri UMKM, potensi wisata dan juga pendidikan. Lihat saja, di depan Taman Makam Pahlawan dulu lokasi angker, namun sekarang disana bisa diakses internet dan suasana menjadi seger," ujarnya.

Dia juga mencontohkan cerita menarik yakni ketika sekelompok anak muda luar negeri menuliskan status pada Facebook. "Saya ingin pergi ke Indonesia, saya ingin tahu dimana lokasi penginapan paling murah. Tolong bantu infonya. Kemudian salah satu komentator dari ibu rumah tangga menjawabnya, di sini anda bisa menginap gratis di rumah saya asalkan mau memberikan les Bahasa Inggris, maka datanglah 8 anak muda luar negeri itu ke Indonesia sambil berwisata," tuturnya.

Dahsyatnya imbas internet, Kresnayana yakin akan mendongkrak pertumbuhan masyarakat dari sisi pendidikan, pemerintahan, potensi daerah berupa kerajinan UMKM maupun pariwisata.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5315 seconds (0.1#10.140)