Wajib Tahu! Ini 4 Tips Bijak Atur Keuangan dari MotionPay

Selasa, 29 Maret 2022 - 09:11 WIB
loading...
Wajib Tahu! Ini 4 Tips Bijak Atur Keuangan dari MotionPay
MotionPay bisa membantu dalam pengelolaan keuangan. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Gajian adalah saat yang paling ditunggu-tunggu oleh karyawan. Memasuki tanggal gajian terasa sangat melegakan, namun banyak juga yang terbuai, sehingga cenderung boros. Akibatnya, flow keuangan hingga bulan mendatang menjadi kacau. Hal ini sepertinya telah menjadi sebuah siklus dan menyebabkan momok di akhir bulan. Bagaimana cara untuk mengatasi hal ini? Yuk simak tips dari MotionPay berikut ini!

Baca juga: Miris, Ribuan ASN Belum Gajian Bupati Simalungun Gelar Syukuran Tahun Baru

1. Susun Anggaran dan Atur Prioritas
Untuk dapat mengatur keuangan, maka kita perlu mengetahui terlebih dulu apa yang menjadi prioritas kebutuhan. Anda perlu menyusun daftar anggaran, mulai dari kebutuhan yang paling penting untuk diprioritaskan, misalnya uang sekolah anak, tagihan listrik dan air, kartu kredit, cicilan, dan sebagainya. Jika kebutuhan prioritas telah ditentukan, selanjutnya Anda perlu menentukan anggaran untuk kebutuhan utama seperti makan, transportasi, internet, dan kebutuhan sehari-hari lainnya.

2. Sediakan Dana Darurat
Setelah menyusun anggaran, Anda juga wajib memiliki sejumlah dana sebagai dana cadangan atau dana darurat. Dana darurat ini akan sangat membantu jika Anda harus mengeluarkan biaya pada saat yang tidak terduga, seperti biaya rumah sakit, biaya ke bengkel, dan sebagainya. Cash flow Anda akan tetap terjaga jika Anda telah mempersiapkan dana darurat.



3. Investasi untuk Masa Depan
Tidak ada kata terlambat untuk investasi. Sekecil apa pun nominal uang yang Anda sisihkan untuk investasi tentunya jauh lebih baik daripada tidak berinvestasi sama sekali. Apalagi di zaman sekarang, investasi sangat terjangkau dan variatif, misalnya investasi emas, reksa dana, saham, dan masih banyak pilihan lainnya. Pastikan Anda memilihu instrumen investasi resmi yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan supaya terhindar dari iming-iming investasi bodong.



4. Konsisten dan Disiplin dengan Rencana Anggaran
Pengelolaan keuangan ini akan terlaksana sesuai dengan anggaran awal jika Anda secara konsisten mengikuti rencana anggaran yang telah dibuat. Sebaiknya Anda memastikan agar pengeluaran tidak melebihi anggaran. Konsistensi ini harus diterapkan secara rutin setiap bulannya, sehingga dapat menjadi kebiasaan yang baik ke depannya.

Pengeluaran yang tercatat dengan rapi dan baik tentunya akan memudahkan Anda dalam mengetahui apakah sudah sesuai dengan rencana anggaran. Semua pembayaran kebutuhan Anda dapat dilakukan dalam satu aplikasi e-wallet yaitu MotionPay. Hanya dengan smartphone saja, Anda dapat melakukan pembayaran tagihan listrik, air, pulsa, internet, cicilan, TV cable, bahkan BPJS. Selain itu, Anda dapat melakukan scan QRIS dengan aplikasi MotionPay untuk makan di restoran, belanja, dll. Yuk download aplikasi MotionPay di Google PlayStore/ Apple AppStore melalui: http://onelink.to/motionpay

Baca juga: Khawatir Mengancam Keamanan Nasional, AS Blacklist Antivirus Kaspersky


MotionPay adalah layanan aplikasi uang elektronik dari PT MNC Teknologi Nusantara, entitas anak dari PT MNC Kapital Indonesia Tbk (BCAP) yang berada di bawah naungan MNC Group. Telah terdaftar dan memperoleh izin oleh Bank Indonesia sebagai penyelenggara sistem pembayaran elektronik ( e-money, e-wallet, dan digital remittance).
(uka)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2181 seconds (11.252#12.26)