Wamenparekraf Angela Dorong Generasi Muda Geluti Ekonomi Digital

Rabu, 30 Maret 2022 - 16:02 WIB
loading...
Wamenparekraf Angela Dorong Generasi Muda Geluti Ekonomi Digital
Wamenparekraf/Wakil Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo saat memberikan sambutan di acara HIPMI Digital Fest 2022. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf) sekaligus Wakil Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo mendorong generasi muda agar berperan aktif dalam ekonomi digital. Peluang ekonomi digital, tegas dia, perlu dimaksimalkan untuk pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Hal itu diungkapkan Angela di acara HIPMI Digital Fest 2022 yang diadakan secara hibrida dan akan berlangsung selama 30-31 Maret 2022, Rabu (30/3/2022).



Terkait dengan itu, kata dia, kegiatan yang diadakan oleh HIPMI Digital academy tersebut sangatlah relevan dan tepat waktu. Dia mengingatkan, saat ini digitalisasi berperan penting dalam meningkatkan ketahanan pelaku usaha, usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dan generasi muda di masa pandemi.

"Oleh karena itu, pemahaman mengenai ekonomi digital dan peluangnya perlu kita sebarluaskan agar para pelaku usaha dalam negeri bisa mengambil bagian dari pertumbuhan ekonomi digital ini," kata Angela.

Di era digital saat ini, kata Angela, pelaku usaha perlu mengakrabi permodalan jenis baru seperti fintech, hypertargeting atau marketing yang customized, dan penggunaan analisa big data yang bisa memberikan insight dan prediksi market yang lebih produktif dan efisien. Selain itu, penggunaan internet of things (IoT) untuk mengumpulkan data, cloud dan blockchain technology, NFTs, serta metaverse dan lain sebagainya.

"Teknologi akan terus berkembang, dan dengan semakin berkembangnya teknologi akan semakin murah untuk diakses dan dimanfaatkan. Teknologi tidak akan menjadi berharga kalau manusianya tidak bisa memanfaatkanya dengan maksimal. Oleh karenanya, memasuki era industri 5.0 dimana fokus utama adalah human-centered society berbasis teknologi, kita perlu meningkatkan kualitas sumber daya manusia kita agar bisa memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan produktivitas kita dan melahirkan inovasi baru untuk memecahkan isu-isu sosial untuk kesejahteraan masyarakat," paparnya.

Kementerian Periwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), lanjut dia, terus berkomitmen untuk mendukung pengembangan SDM dengan program upskilling, reskilling dan entrepreneurship di sektor parekraf.

Termasuk di dalamnya gerakan nasional bangga buatan indonesia, program onboarding dan pendampingan usaha ke platform digital, secara konsisten kami lakukan, agar membantu para pelaku usaha beradaptasi dengan teknologi dan menjadi siap berkompetisi di era digital.

Karena itu, Angela memastikan Kemenparekraf juga mendukung para pelaku usaha dalam pelatihan manajemen bisnis, khususnya dalam manajemen finansial, akses permodalan serta perlindungan HKI sebagai kendala utama bagi pelaku UMKM.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1979 seconds (0.1#10.140)