Mau Cari Pendanaan Startup? Berikut Tips dari Bos BCA

Rabu, 30 Maret 2022 - 22:19 WIB
loading...
Mau Cari Pendanaan Startup? Berikut Tips dari Bos BCA
Direktur BCA Haryanto Tiara Budiman memberikan tips atau cara bagaimana membangun startup atau usaha rintisan di acara HIPMI Digital Fest, Rabu (30/3/2022). FOTO/Dinar Fitra Maghiza
A A A
JAKARTA - Direktur BCA Haryanto Tiara Budiman memberikan tips atau cara bagaimana membangun startup atau usaha rintisan. Langkah pertama ialah bagaimana mencari sumber pendanaan atau modal.

"Pertama ialah menggunakan kantong pribadi dengan tujuan tidak memperbesar utang sehingga bisa fokus ke bisnis," kata Haryanto di acara HIPMI Digital Fest, Rabu (30/3/2022).



Menurut dia langkah kedua pendanaan dari teman dan keluarga yang bisa dijajaki. Pendanaan di lingkaran kerabat memiliki nilai yang cukup besar, apabila dapat dimaksimalkan meskipun riskan apabila terjadi gagal bayar dan berisiko putus pertemanan.

"Selanjutnya pendanaan dari crazy rich atau angel investors dengan net value jumbo yang ingin menanamkan modalnya terhadap perusahaan-perusahaan potensial," kata dia.

Dia mengatakan biasanya angle investor ingin memiliki persentase saham kepemilikan saham di perusahaan tersebut dengan harapan bisa ikut menikmati laba atas kinerja perusahaan.

"Jadi biasanya mereka mensupport startup itu secara strategis melalui network mereka sehingga bisa menjadi lebih besar," kata dia.

Tak berhenti di situ, pendanaan juga bisa diraih dari accelerator alias program-program yang dibuat baik pemerintah maupun swasta untuk membina berbagai macam startup sekaligus mendukung pertumbuhan mereka. "Biasanya mereka memberikan funding pada saat di akhir program," jelasnya.

Selain itu, Crowdfunding juga menjadi sumber pendanaan yang bisa dilakukan para pendiri startup. Skema pendanaan ini bisa dilakukan dengan mengakumulasikan investor ritel dengan modal kecil dengan berbagai macam skema.

"Jadi kerjaannya adalah ngumpulin uang yang nggak besar tapi jumlah investornya banyak sekali. Jadi tujuannya adalah ngumpulin dari berbagai sumber," kata dia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4043 seconds (0.1#10.140)