Daftar Lengkap 20 Keluarga Terkaya di Asia, Nomor 2 dari Indonesia

Kamis, 31 Maret 2022 - 11:48 WIB
loading...
Daftar Lengkap 20 Keluarga Terkaya di Asia, Nomor 2 dari Indonesia
Ambanis, Hartono dan Mistrys memimpin daftar keluarga terkaya di Asia dengan jumlah harta yang dikuasai mencapai USD495 Miliar yang setara Rp7.080 triliun (Kurs Rp14.303 per USD). Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Ambanis, Hartono dan Mistrys memimpin daftar keluarga terkaya di Asia dengan jumlah harta yang dikuasai mencapai USD495 Miliar yang setara Rp7.080 triliun (Kurs Rp14.303 per USD). Namun beberapa dinasti kekayaan tertua di kawasan Asia ini menyadari bahwa mereka harus beralih ke crypto, teknologi dan e-commerce.

20 keluarga terkaya di kawasan Asia telah mendapati diri mereka lebih kaya sebesar USD33 miliar sejak akhir 2020, menurut Bloomberg Billionaires Index, bahkan ketika pandemi mengguncang dunia untuk tahun kedua.



Kekayaan gabungan mereka sekarang melebihi USD495 miliar yang bahkan mampu lebih besar nilainya dari produk domestik bruto (PDB) Hong Kong ataupun Singapura. Keluarga Ambanis dari India masih bertengger paling atas sebagai keluarga terkaya di Asia selama tiga tahun beruntun.

Melalui Reliance Industries Ltd, bisnis mereka mulai bergerak ke arah teknologi dan e-commerce ketika Chairman, Mukesh Ambani bersiap untuk menyerahkan kendali kepada anak-anaknya.

Zhangs, pemilik produsen aluminium China Hongqiao Group Ltd., menjadi keluarga China pertama yang muncul dalam daftar, tidak termasuk kekayaan generasi pertama. Dinasti Birla dan Bajaj yang berada di belakang dua konglomerat terbesar India juga memulai debutnya dalam daftar orang terkaya Asia.

Hal ini menandakan secara relatif bagaimana kekuatan ekonomi India. Lalu ada keluarga Cheng dari Hong Kong mampu memiliki kekayaan sekitar USD23 miliar. Bisnis keluarga yang awalnya hanya bergerak di bidang perhiasan terus dikembangkan ke sektor riil estat dengan mendirikan New World Development.

Cheng juga berpartisipasi dalam putaran pendanaan USD359 juta bagi Animoca Brands. Perusahaan ini bergerak pada industri gim dan NFT yang berbasis di Hong Kong, melalui C Ventures, sebuah kendaraan investasi yang ia dirikan bersama.



Perusahaan juga telah berinvestasi di lebih dari 30 startup, termasuk pertukaran perdagangan crypto Matrixport, raksasa AI SenseTime Group Inc. dan platform layanan pengiriman Lalamove.
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1285 seconds (0.1#10.140)