Marak Investasi Bodong, Moduit Berikan Pengetahuan tentang Investasi

Senin, 04 April 2022 - 23:36 WIB
loading...
Marak Investasi Bodong, Moduit Berikan Pengetahuan tentang Investasi
Masyarakat membutuhkan pengetahuan terkait cara kerja produk-produk investasi. Tujuan dari pengetahuan tersebut adalah agar masyarakat tidak mudah tergiur oleh narasi berupa keuntungan cepat.
A A A
JAKARTA - Masyarakat membutuhkan pengetahuan terkait cara kerja produk-produk investasi. Tujuan dari pengetahuan tersebut adalah agar masyarakat tidak mudah tergiur oleh narasi berupa keuntungan cepat. Bahkan, literasi dibutuhkan sedini mungkin, sejak dari sekolah.

Penguasaan literasi keuangan mengacu pada Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Nomor 1 / POJK.7/ Tahun 2013 terkait perlindungan konsumen sektor jasa keuangan.

(Baca juga:Literasi Keuangan Berperan Tingkatkan Kesejahteraan Finansial)

Implementasi prinsip-prinsip tersebut antara lain konsumen berhak mendapatkan informasi yang jelas dan akurat terkait sebuah produk jasa keuangan. Maraknya kasus binary option mencuatkan kesadaran akan pentingnya literasi keuangan tersebut.

Manuel Adhi Purwanto selaku Head of Advisory & Investment Connoisseur Moduit menjelaskan teknologi mendorong lahirnya produk investasi baru yang semakin beragam dan memudahkan masyarakat membeli produk tersebut dengan harga yang sangat terjangkau.

(Baca juga:OJK Kejar Pelajar agar Melek Literasi Keuangan)



Investor ritel, kata Manuel, perlu mendalami produk-produk ini agar berinvestasi yang sesuai dengan karakter risiko dan tujuan investasi. Literasi juga dibutuhkan agar investor ritel mampu melakukan diversifikasi produk yang bersifat spekulasi jangka pendek dengan investasi jangka panjang.

Salah satu instrumen investasi yang cukup mudah adalah produk reksadana. Nasabah cukup memilih produk reksadana yang sesuai dengan karakter risikonya. “Oleh karena itu, penting bagi investor memahami karakteri risikonya, apakah termasuk konservatif, moderat atau agresif,” ujar Manuel dalam keterangan tertulisnya, Senin (4/4/2022).

(Baca juga:Literasi Keuangan Masyarakat Rendah, Waspada Investasi Bodong)
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1066 seconds (10.101#12.26)