Jerman Dibayangi Resesi Gara-gara Perang Rusia-Ukraina

Selasa, 05 April 2022 - 18:34 WIB
loading...
Jerman Dibayangi Resesi Gara-gara Perang Rusia-Ukraina
Ekonomi Jerman diprediksi akan terjatuh dalam resesi jika negara itu harus menyetop impor energi dari Rusia. Foto/Ilustrasi/Reuters
A A A
JAKARTA - Bank papan atas Jerman memperkirakan negara itu akan jatuh ke dalam resesi jika pasokan gas dan minyak Rusia dihentikan.

Kepala Eksekutif Deutsche Bank dan Presiden Asosiasi Bank Jerman (BDB) Christian Sewing mengatakan, pertumbuhan di negara dengan perekonomian terbesar di Eropa itu akan jauh lebih lambat dari yang diantisipasi sebelumnya akibat konflik Ukraina.



"Situasinya akan lebih buruk jika impor atau pasokan minyak dan gas alam Rusia dihentikan. Resesi yang signifikan di Jerman kemudian hampir tidak dapat dihindari," katanya kepada wartawan, seperti dikutip dari RT.com, Selasa (5/4/2022).

Jerman sangat bergantung pada sumber daya energi Rusia, yang mengimpor sekitar 55% gas alamnya dan hampir 40% minyaknya dari negara tersebut. Negara-negara Uni Eropa telah mendorong untuk menghentikan impor energi dari Rusia untuk menghukum Moskow atas operasi militernya di Ukraina, sesuatu yang Jerman masih enggan untuk menyetujui.

Semakin banyak industrialis dan politisi Jerman telah memperingatkan konsekuensi ekonomi yang mengerikan jika aliran energi dari Rusia terhenti.



Sewing juga meminta Bank Sentral Eropa untuk bertindak untuk menangkis inflasi, yang kini mencapai level tertinggi sepanjang masa 7,5% di zona euro pada bulan Maret, menurut angka awal yang dirilis oleh Eurostat pekan lalu. Inflasi di Jerman juga melonjak ke level tertinggi dalam 30 tahun, mencapai 7,3% di bulan Maret.

Perkiraan pertumbuhan ekonomi Jerman untuk tahun ini telah diturunkan dari 4,6% yang diprediksi pada November lalu menjadi hanya 1,8%. Panel penasihat ekonomi independen pemerintah Jerman mengatakan ekonomi tidak akan kembali ke level pra-pandemi hingga kuartal ketiga.

(fai)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1054 seconds (0.1#10.140)