Holding BUMN Tambang Jajal Pemanfaatan Teknologi Digital dalam Kelola Limbah

Rabu, 06 April 2022 - 07:20 WIB
loading...
A A A
Sedangkan waste treatment merupakan elemen biaya operasional penambangan yang cukup tinggi. Aplikasi Mastermine diharapkan akan menghasilkan nilai efisiensi 10-20% dari total biaya pengolahan air limbah tambang.

Rhesa Avila Zainal, Hustler POWERxWIT mengatakan, aplikasi Mastermine membuktikan karya anak bangsa dapat mendukung kemajuan industri pertambangan di Indonesia. Apalagi, di masa depan iklim digitalisasi industri pertambangan akan lebih tinggi, operasi tambang lebih efisien dan lebih ramah lingkungan.

"Penggunaan aplikasi digital harus menjadi prioritas seluruh pelaku usaha pertambangan minerba di Indonesia,” jelas Rhesa.



Mastermine memiliki sistem terintegrasi secara chemical dan digital untuk dapat mengolah, memonitor, dan mengontrol sistem pengolahan air limbah tambang secara online dan mudah digunakan.

Pekerja tambang dapat memantau kualitas air limbah tambang dan mengatur dosis reagen yang diinjeksikan ke dalam air limbah tambang secara real time. Mastermine merupakan aplikasi karya anak bangsa dan diharapkan akan full operating pada kuartal IV 2022.

(akr)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1840 seconds (0.1#10.140)