Indonesia Kerap Impor Beras dari 4 Negara Ini, Puluhan Ribu Ton Mengalir

Jum'at, 08 April 2022 - 05:34 WIB
loading...
Indonesia Kerap Impor Beras dari 4 Negara Ini, Puluhan Ribu Ton Mengalir
Impor beras menjadi kebiasaan Indonesia, tahun lalu bahkan wacana impor beras satu juta ton bergulir dan menjadi bola panas. Terlepas dari urgensi impor beras, berikut 4 negara eksportir beras ke Indonesia. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Impor beras menjadi kebiasaan Indonesia dalam upaya mengamankan pasokan di dalam negeri. Bahkan pada awal 2021 lalu, wacana impor beras satu juta ton bergulir dan menjadi bola panas.

Kisruh wacana impor beras makin jadi sengkarut karena sikap pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Perdagangan (Kemendag), Perum Bulog, dan Kementerian Pertanian (Kementan) terbelah.



Terlepas dari sejauh mana urgensi impor beras, terdapat sejumlah negara eksportir beras ke Indonesia. Beras merupakan salah satu dari tiga tanaman pangan pokok di dunia selain jagung dan gandum.

Lebih dari 3,5 miliar populasi dunia menganggap beras sebagai makanan utama mereka yang berarti setidaknya setengah dari warga dunia rutin mengkonsumsi beras. Melihat data Badan Pusat Statistik (BPS), berikut sejumlah negara eksportir beras ke Indonesia.

1. Vietnam

Vietnam merupakan negara eksportir beras ke Indonesia. Menurut data BPS, pada tahun 2020 Vietnam ekspor beras ke Indonesia sebanyak 88.716,4 ton beras. Vietnam adalah negara agraris dan ekonominya sangat bergantung pada produksi beras.

Ada dua delta paling terkenal termasuk Sungai Merah utara dan Sungai Mekong selatan tempat padi ditanam di Vietnam. Negeri ini menghasilkan hampir 52% dari total produksi beras di Delta Sungai Mekong.

Vietnam juga menghasilkan hampir 42.763.682 ton beras dalam satu tahun dengan memanfaatkan lebih dari 9,65 juta ha lahan untuk penanaman padi. Total ekspor beras Vietnam hampir 6,67 juta metrik ton per tahun.

2. Thailand
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2170 seconds (0.1#10.140)