Sudah Menelan Investasi Rp623,6 Miliar, Intip Progres Mandalika Urban Tourism

Jum'at, 08 April 2022 - 22:19 WIB
loading...
Sudah Menelan Investasi Rp623,6 Miliar, Intip Progres Mandalika Urban Tourism
ITDC mencatat realisasi pembangunan Mandalika Urban Tourism and Infrastructure Project (Mutip) di Nusa Tenggara Barat (NTB) mencapai Rp623,6 miliar. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) mencatat realisasi pembangunan Mandalika Urban Tourism and Infrastructure Project (Mutip) di Nusa Tenggara Barat (NTB) mencapai Rp623,6 miliar.

Realisasi ini setara 36,82% dari total kontrak MUTIP Paket I dan II sebesar Rp 1,7 Triliun. Program ini dibiayai sepenuhnya oleh Asian Infrastructure Investment Bank (AIIB) dan merupakan pembiayaan pertama secara standalone atau mandiri yang dilakukan AIIB di Indonesia. Dan secara global merupakan pembiayaan pertama AIIB bagi kegiatan pembangunan infrastruktur pariwisata.



Direktur Utama ITDC, Abdulbar M. Mansoer mengatakan capaian realisasi ini diperoleh dari akumulasi sejumlah pekerjaan yang masuk dalam MUTIP Paket I dan II yang mencakup area seluas 450 hektar di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika.

MUTIP Paket I dan II meliputi pembangunan jalan akses sebanyak 20 ruas jalan dengan total panjang 15,50 KM, jalur pejalan kaki (pedestrian), saluran drainase, box utility sepanjang 6000 m, penerangan jalan umum (PJU), pagar kawasan, enam area parkir, landscaping serta pekerjaan pembuatan gerbang timur dan barat kawasan.

"Ke-20 ruas jalan akses ini merupakan jalan akses penghubung antara satu spot pariwisata dengan spot pariwisata lainnya di dalam Kawasan The Mandalika. Saat ini, pekerjaan jalan pada ruas-ruas tersebut dalam proses pembuatan saluran, proses rigid pavement (pembetonan), curing, dan pemasangan lampu penerangan," ungkap Abdulbar, Jumat (8/4/2022).

Sementara pembangunan enam area parkir di The Mandalika yang berlokasi di area barat sebanyak satu area parkir, zona timur Kawasan sebanyak tiga area parkir, di zona selatan Sirkuit ada satu area parkir dan di zona utara sirkuit terdapat satu area.

Sebagian area parkir ini juga telah dimanfaatkan oleh para pengunjung saat penyelenggaraan Pertamina Grand Prix of Indonesia (MotoGP) pada 18-20 Maret 2022 lalu. Sedangkan progres pembuatan gerbang timur mencapai persiapan pemasangan atap dan gerbang barat telah memulai persiapan pembangunan pondasi.

“Pengembangan The Mandalika, yang merupakan salah satu Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP), memerlukan dukungan kesiapan infrastruktur dasar untuk menarik minat investor masuk dan turut membantu percepatan pembangunan kawasan," katanya.

Pembangunan infrastruktur dasar ini, lanjut Abdulbar, memerlukan pendanaan yang tidak sedikit. Karena itu, pihaknya menyampaikan terima kasih kepada AIIB atas dukungan pendanaan MUTIP yang membantu perusahaan menyediakan infrastruktur dasar yang dibutuhkan sesuai dengan prioritas yang telah ditetapkan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2393 seconds (0.1#10.140)