Menakar Risiko Kenaikan Gas Melon 3 Kg Bikin Ngeri-ngeri Sedap

Minggu, 10 April 2022 - 15:58 WIB
loading...
Menakar Risiko Kenaikan Gas Melon 3 Kg Bikin Ngeri-ngeri Sedap
Wacana kenaikan harga gas LPG 3 kilogram (Kg) yang dikemukakan oleh Menko Luhut memiliki dampak besar apabila benar-benar terjadi, begini penjelasan ekonom. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Direktur Center of Economic and Law Studie (Celios), Bhima Yudhistira merespons dan menentang soal wacana kenaikan harga gas LPG 3 kilogram (Kg). Sebelumnya, sinyal kenaikan harga tabung gas LPG 3 Kg dikemukakan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan.



Bhima menilai naiknya harga LPG jenis subsidi berisiko terhadap daya beli 40% kelompok pengeluaran terbawah sangat besar. Pasalnya gas LPG 3 Kg merupakan gas bersubsidi yang ditujukan kepada masyarakat tidak mampu.

“Harusnya wacana kenaikan harga LPG 3 kg lebih baik di tutup buku saja, tidak perlu disampaikan pemerintah. Karena naiknya harga LPG jenis subsidi risiko terhadap daya beli 40% kelompok pengeluaran terbawah sangat besar,” kata Bhima Yudhistira saat dihubungi MNC Portal, Minggu (10/4/2022).

Sementara, Bhima mengatakan untuk Inflasi diperkirakan menembus 5% di 2022 apabila pemerintah bersikeras menaikkan harga BB Pertalite dan LPG 3 Kg secara bersamaan.

“Mau tidak mau masyarakat kelas bawah akan tetap pakai LPG Subsidi karena kebutuhan utama. Akhirnya berimbas kemana-mana termasuk naiknya angka kemiskinan,” urainya.



Daya beli langsung turun karena sebelumnya LPG non-subsidi naik sebanyak 2 kali, dampaknya banyak yang turun kelas konsumsi LPG 3kg.

“Kalau yang subsidi ikut naik pasti terpaksa beli LPG 3 Kg karena tidak ada alternatif lain. Pada akhirnya masyarakat akan mengurangi konsumsi barang lain seperti menunda pembelian peralatan rumah tangga, barang elektronik, otomotif, pakaian jadi dan kebutuhan lain,” paparnya.

Sebelumnya Luhut mengungkapkan, rencana kenaikan harga LPG 3 kg ini akan dilakukan secara bertahap. Luhut juga mengungkapkan, kenaikan harga juga terjadi pada Bahan Bakar Minyak (BBM). Kenaikan juga mempertimbangkan, sejak tahun 2007 harga LPG 3 kg ini tidak mengalami kenaikan.

"Secara overall, akan terjadi kenaikan, mengenai gas (LPG) 3 kg (kenaikan) kita lakukan bertahap. Jadi 1 April, Juli, dan bulan September, itu semua bertahap dilakukan oleh pemerintah," kata Luhut pekan lalu.

(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1418 seconds (0.1#10.140)