Kelangkaan Set Top Box untuk Siaran TV Digital Bisa Saja Terjadi

Selasa, 12 April 2022 - 17:11 WIB
loading...
Kelangkaan Set Top Box untuk Siaran TV Digital Bisa Saja Terjadi
Kelangkaan set top box bisa terjadi di ujung peralihan siaran TV analog ke digital. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika ( Kominfo ) menyarankan masyarakat segera memiliki set top box untuk mendukung peralihan penggunaan televisi (TV) analog ke TV digital.



"Kami mengimbau masyarakat untuk juga menyiapkan televisinya, tolong dicek agar televisinya mampu menangkap siaran digital," ujar Dirtur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Ismail dalam konferensi pers, Selasa (12/4/2022).

Menurutnya saat ini hampir di seluruh wilayah Indonesia siaran digital sudah dilakukan. Sehingga tidak perlu menunggu hingga akhir ketika pemerintah telah meniadakan siaran di V analog.

"Tidak perlu menunggu siaran analog di-switch off," sambungnya.

Ismail mengimbau kepada masyarakat untuk segera mencoba saluran TV digital karena memiliki kualitas yang jauh lebih bagus dari sisi grafis dan audio yang lebih jernih.

"Kalau perangkat TV belum bisa menangkap siaran digital, silakan dilengkapi dengan set top box," lanjutnya.

Di samping itu Ismail juga mengingatkan kepada masyarakat untuk segera memiliki set top box mulai saat ini, sebab semakin mendekati switch off TV analog, ketersediaan akan semakin tipis.

"Kami takut tidak ada barangnya, untuk itu kami mengimbau masyarakat untuk sekarang membeli perangkat," pungkasnya.



Pemerintah sendiri menargetkan pada tahun 2022 ini sudah melakukan switch off atau penghentian distribusi konten melalui saluran TV analog dan beralih ke saluran TV digital.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1382 seconds (0.1#10.140)